Pusat Kerajinan Gamelan mini / Saron di Cirebon

Pusat Kerajinan Gamelan mini / Saron di Cirebon

Pusat Kerajinan Gamelan mini / Saron di Cirebon

Hai sobat ketemu lagi ya sama mbayuli.com kalian sehat kan jangan sakit sakit ya sakit itu gak enaaaaak, ok kali ini mbayuli.com akan membahas Kerajinan Gamekan mini di desa kondangsari ,cirebon.

Gamelan mini / Saron

Kerajinan gamelan mini atau saron yang berada di desa kondangsari sudah ada sejak tahun 1980an dan sudah di wariskan turun temurun ,eksistensinya masih bisa di bilang sangat kuat karena Kerajinan ini masih di lestarukan hingga saat ini oleh penerusnya, walaupun berbagai jenis mainan yang ada dan model yang lebih modern gamelan mini masih bisa bersaing dengan perkembangan zaman yang sudah jauh dengan jamannya.

Kerajinan gamelan mini ini juga bisa di bilang sebagai mata pencaharian warga desa kondangsari karena sebagian warganya adalah pengrajin Gamelan mini dan juga sekaligus sebagai pedaganya juga.

Proses Pembuatan Gamelan Mini

Proses pembuatsnnya sendiri bisa dibilang cukup memakan waktu karena proses fari awal hingga finishing cukup panjang dan juga karena bahan untuk pembuatan gamelan mini adalah dari kayu dan juga besi yang juga di butuhkan keterampilan sendiri. Apalagi untuk sekarang harga bahan utama untuk pembuatan gamelan pun harganya melonjak dan itu pun suatu hal yang dapat menghambat dalam proses pembuatan gamelan.

Bahan - bahan dakam pembuatan gamelan mini.

  1. Besi,  besi adalah salah satu bahan utama dan besi yang di gunakan untuk pembuatan gamelan dari besi Drum yang di dapatkan dari drum bekas ,baik itu drum bekas thiner atau drum bekas lem,dll.
  2. Kayu, kayu yang di gunakan untuk tatakan besi gamelan adalah kayu dari jenis arbsyah atau mahouni .
  3. Karet, karet di sini bukan karet gelang ya tapi karet untuk dudukan besi di atad kayu dan karet itu sendiri dari bahan limbah sendal.
  4. Paku, paku di gunakan untuk memasangkan besi dan karet ke kerangkanya yang di buat dari kayu.
Kendala yang di alami pengrajin Gamelan.

Kendalanya adalah bahan baku pembuatan gamelan yang mahal dan langkanya bahan tatakan besi gsmelan yang terbuat dari karet dan juga banyak sekali pedagang yang tidak jujur.

Harapan 

Semoga pemerintah bisa melihat dan memperhatikan bahwa warga nya sangat antusias dalam melestarikan budaya nya walau hampir tenggelam oleh zaman yang semakin maju terutama untuk perangkat desa kondangsari terutama perhatikan warganya yang terjepit oleh harga bahan baku yang semakin mahal, semoga ada usaha untuk perhatiannya di bidang permodalan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat terutama untuk para pengrajin Gamelan.

Terimakasih sudah berkunjung di blog anak kampung semoga bermsnfaat dan jangan lupa share ya.
Buka Komentar

No comments