Ini Alasan Mengapa Sering Sakit Saat Menstruasi dan Gejala Apa yang Timbul Saat Menstruasi
Ini Alasan Mengapa Sering Sakit Saat Menstruasi dan Gejala Apa yang Timbul Saat Menstruasi

Ini Alasan Mengapa Sering Sakit Saat Menstruasi dan Gejala Apa yang Timbul Saat Menstruasi

Ini Alasan Mengapa Sering Sakit Saat Menstruasi dan Gejala Apa yang Timbul Saat Menstruasi

Inilah alasan mengapa sering sakit saat menstruasi 

Hari ini Mbayuli.com akan membahas Mengapa sih saat menstruasi badan menjadi sakit dan apa yang perlu kalian tahu untuk menanganinya.

Gejala Apa yang Timbul Saat Menstruasi

Baca Juga : Bagaimana Cara Cepat Hamil ? Begini Penjelasannya Menurut Dokter
Baca Juga : Cara Mendeteksi Kehamilan Dini dan Cara Mengetahuinya Secara Tepat

Kram saat menstruasi. 

Apa itu kram saat menstruasi, kram atau nyeri saat menstruasi yang biasanya disebut dismenore dan kenapa bisa terjadi. secara umum nyeri haid itu dibagi dua ada primer dan ada sekunder, primer yaitu yang langsung bermasalah atau langsung ter point saat pengeluaran darah kotor, kenapa dibilang darah kotor karena itu adalah sisa dinding rahim yang luruh yang seharusnya ditanamkan pada konsepsi dari sperma ovum akan menempel pada dinding rahim, di situ terjadi kurang lebih selama 28 hari kalau tidak dibuahi dinding itu akan luruh secara alamiah jadi saat peluruhan itu terjadi ada namanya daya kontraksi dari otot dinding rahim dan itulah yang menyebabkan nyeri, kenapa bisa nyeri otot di karenakan kontraksi diikuti dengan aliran darah yang tidak lancar di sekitar dinding rahim itu yang menyebabkan nyeri yang hebat. Kenapa sih selalu ada kontraksi, karena proses pemberhentian darah atau menghentikan darah pendarahan dan Itulah sebab terjadinya kontraksi. Yang kedua sekunder, yaitu penyakit penyakit lainnya yang bisa membuat kita sakit seperti endometriosis, adenomiosis,PID itu sangat jauh terjadi tapi jika itu terjadi maka harus cepat menghubungi bidan apakah anda mempunyai kelainan di dalam rahim atau tidak.

Apa saja gejala yang timbul saat kram akibat menstruasi? 

Gejala yang pasti yang pertama tentu saja nyeri tapi 1 banding 10, kedua yaitu sakit kepala atau migrain yang nyeri di bagian belakang kepala, Yang ketiga nyeri perut , ini menyebabkan stress alster, seperti contohnya saat menstruasi yang menyebabkan nyeri dan tidak bisa menahannya maka itu bisa menjadi stress buat anda. Ya stress itu biasanya atau menimbulkan peningkatan asam lambung, nyeri bisa juga mengakibatkan lemas saat menstruasi terlalu banyak tenaga apalagi ketika saat menahan nyeri dan itu juga bisa mengakibatkan stres, stress juga bisa mengakibatkan tidak bisa mengerjakan apa-apa karena mood yang tidak baik,

Siapa saja yang biasa mengalami kram saat menstruasi ini? 

Yang biasa mengalami kram saat menstruasi yaitu remaja tapi tidak menutup kemungkinan paruhbaya pun bisa mengalaminya karena setiap orang mempunyai rangsangan nyeri yang berbeda-beda, ada beberapa yang bisa menahan dan ada beberapa yang juga tidak bisa menahan, ada beberapa yang karena tidak bisa menahan rasa nyeri jadi ketergantungan obat, ada beberapa yang biasa-biasa saja tidak minum obat tapi yang biasa minum obat lama-lama bisa Menahan rasa nyeri tersebut.

Lifestyle ini dikategorikan dapat mempengaruhi rasa nyeri karena jika anda terlalu banyak melakukan aktivitas yang cukup berat itu cukup mempengaruhi tipisnya ambang rasa nyeri dan stress itu mempengaruhi.

Kapan Harus konsultasi ke dokter saat mengalami kram menstruasi ?

Untuk skrining awal cobalah Anda mengecek ke dokter umum untuk pemeriksaan fisik atau penyakit secara general atau umum, dan anda akan di skrining , anamesta, pemeriksaan fisik dan akan melakukan pemeriksaan penunjang bila dibutuhkan.

Kapan harus ke spesialis kandungan? 

Pendarahannya yang berlebih atau melebihi waktu yang seperti biasanya atau mungkin sebaliknya hanya sebentar saja, atau merasa nyeri setiap hari ketika menstruasi dan sampai selesai pun masih terasa nyeri, atau terasa nyeri saat tidak menstruasi di panggul Anda terasa nyeri dan diikuti dengan pendarahan saat tidak menstruasi itu sudah seharusnya anda melakukan pengecekan ke dokter kandungan.

Apa yang bisa dilakukan jika mengalami kram saat menstruasi?

Yang bisa anda lakukan di luar non-medical ya rileksasi, contohnya relaksasi adalah stretching, olahraga ringan, yoga, dan olahraga pernafasan, karena terbukti di beberapa jurnal olahraga pernapasan itu bisa membantu menurunkan nyeri sampai 56%.

Yang kedua adalah makan-makanan yang hangat, tidak terlalu manis tidak pedas dan tidak asam itu sangat membantu untuk mengurangi nyeri. Selain makanan anda biasakan tidur di ruangan yang gelap.

Bagaimana cara mencegah timbulnya sakit pada saat menstruasi? 

Yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasi atau mengurangi nyeri sebaiknya Anda memulai olahraga yoga dan olahraga pernafasan dan rileksasi otot - otot tubuh, Karena pada saat menstruasi itu adalah peluruhan dinding rahim jadi misalnya otot perut dan otot dinding rahim tidak pernah melakukan relaksasi otot dan dinding rahim melakukan peluruhan waktu itu akan terjadi sakit yang hebat, jadi jika sebelumnya Anda melakukan relaksasi otot-otot tersebut itu akan memudahkan peluruhan dinding rahim dan tidak mengakibatkan nyeri yang sangat hebat.
This Is The Newest Post
Buka Komentar

No comments