Pengertian Olahraga Renang, Manfaatnya Bagi Kesehatan, Prinsip-Prinsip Renang dan Macam - Macam Gaya renang

Pengertian Olahraga Renang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

 Macam Gaya renang
Pengertian Olahraga Renang, Manfaatnya Bagi Kesehatan

Halo sobat ketemu lagi ya sama mbayuli.com gimana kabar kalian sehat kan jangan sakit sakit ya sakit itu gak enak hehehe.

Hari ini mbayuli.com akan membahas seputar olahraga Renang, Gimana kamu suka renang engga jangan suka sama si Dia aja ya heheh,,renang itu menyehatkan loh dan baik buat tubuh kita.

Pengertian Renang.



Renang Merupakan salah satu cabang olahraga Aquatik. Renang adalah upaya untuk menggerakan semua bagian tubuh keatas permukaan air dan renagng biasanya dilakukan tanpa perlengkapan Bantuan. Renang adaah salah satu cabang olahraga yang menggunakan anggota tubuh terutama bagian tangan dan kaki untuk bergerak di dalam air, nah itu sobat penjelasan singkat mengenai olahraga renang. tapi selain pngertian singkat di atas bebrapa sumber bahkan berbeda dalam memaparkan pengertian dari renang itu sendiri.

Pengertian Olahraga dari Beberapa Sumber:


  1. Menurut Muhajir (2004 : 166), Renang adalah cabang olahraga yang sangat menyehatkan ,Sebab hampir semua otot tubuh bergerak sehingga seluruh otot berkembang dengan pesat dan kekuatan perenang bertambah meningkat.
  2. Menurut Abdoelah (1981:270), renang adalah suatu jenis olahraga yang di lakukan di air tawar maupun di air asin.
  3. Menurut Budiningsih (2010:2) Renang adalah salah satu olahraga air yang di lakukan dengan menggerakan badan di air, seperti menggunakan kaki dan tangan sehingga badan terapung di permukaan air.
  4. Menurut Erlangga (2010:75) Renang merupakan olahraga air yang sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi kekuatan otot tubuh,jantung,paru-paru.

Prinsip - Prinsip renang menurut (2005:4-5) sbb:

  1. Prinsip keteraturan dalam penggunaan dorongan (kontnuitas Gerakan). Penggunaan gerakan dorongan yang teratur adalah lebih baik dan efektif dari pada penggunaan yang tidak teratur untuk mendorong tubuh maju.
  2. Prinsip Hambatan dan Dorongan, Kecepatan maju di dalam renang adalah hasil dari 2 kekuatan yaitu kekuatan yang cenderung untuk menahannya tahanan dan hambatan dan kekuatan yang mendorong maju yang di timbulkan oleh gerakan tangan dan kaki.
  3. Prinsip Pemindahan momentum, sangatlah mudah memindahkan momentum dari suatu bagian ke tubuh yang lain. prinsip ini di gunakan dalam banyak gerakan yang kita lakukan di dalam dan di luar air.

Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan.

  1. Meningkatkan Kemampuan sosial Olahraga renang yang di lakukan bersama - sama dapat menumbuhkan rasa kebersamaan. Juga dapat meningkatkan kemampuan untuk Beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang lain.
  2. sebagai sarana bermain atau rekreasi kolam renang juga dapat di jadikan sebagai sarana bermain dan rekreasi anak dan juga balita.
  3. Olahragaq renang dapat mendorong kita tumbuh menjadi sosok yang berani dan percaya diri.
  4. Berguna juga untuk menyehatkan badan dan dapat merangsang gerakan motorik, bagi balita dan juga anak-anak otot-ototnya akan berkembang,persendian akan tumbuh optimal dan pertumbuhan badan meningkat.
  5. Dapat menjadi alat terapi utnuk yang takut terhadap air.

Jenis -Jenis Gaya Renang.

Renang Gaya Bebas adalah Gerakan yang di lakukan dengan cara menelungkupkan badan, dimana tangan dan kaki melakukan tarikan dan tendangan air. Pada gaya bebas tubuh berada pada posisi datar di atas air dan bahu agak kebelakang. Sementara kaki berada beberapa inch di bawah permukaan air. Selain itu, hal yang perlu di perhatikan adalah mempertahankan wajah dan pandangan mata.

Renang Gaya Punggung, adalah gaya berenang dengan posisi punggung menghadap ke air atau posisi tubuh terlentang. Gerakan gaya punggung sama dengan gerakan gaya bebas. Pada gaya punggung wajah perenang berada di atas permukaan air, Mudah untuk bernafas dan lebih mudah untuk membuka mata. Namun pada gaya punggung , akan sulitarah gerak akrena mata yang menghadap ke atas. Pada gaya punggung kaki lebih aktif bergerak ke atas. Pergelangn kaki harus di usahakan tetap lemas.

Renang Gaya Dada, Renang Gaya dada di sebut juga renangn gaya katak, karena gerakannya mirif katak saat berenang di air. Renang gaya dada adlah renang dengan posisi tububh seperti merangkak di permukaan air di kombinasikan dengan gerakan tangan dan kaki. Tangan dan kaki berada di dalalm air serta kepala bergerak naik turun dari dalam air ke Permukaan air dan perenang bisa melihat ke depan saat berenang.

Renang Gaya Kupu-Kupu, Renang gaya kupu-kupu merupakan pengembangan dari gaya dada, Gaya Kupu - kupu adalah berenang yang di lakukan dengan kedua lengan secara bersamaan mengayuh bergerak kedepan. Gerakan kedsua tangan tersebut seperti gerakan kepakan sayak Kupu-Kupu. Untuk melal\kukan gaya ini di butuhkan tenaga besar ,Irama dan koordinasi gerak yang baik. Gaya ini paling sulit di pelajari di bandingkan gaya lainnya.

Nah di atas sedikit informasi mengenai Pengertian Olahraga Renang, Manfaatnya Bagi Kesehatan, Prinsip-Prinsip Renang dan Macam - Macam Gaya renang  semoga artikel di atas bisa menambah wawasan sobat mengenai Pengertian Olahraga Renang, Manfaatnya Bagi Kesehatan, Prinsip-Prinsip Renang dan Macam - Macam Gaya renang. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya.

Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel