10 Cara Menghadapi Masalah Dengan Kakak Kelas Di Sekolah

Mbayuli.Com - Hallo sobat ketemu lagi ya di mbayuli.com gimana kabarnya sehat kan jangan sakit sakit ya sakit gak enak tahu hehe ,ok artikel kali ini yaitu Cara Menghadapi Masalah Dengan Kakak Kelas silahkan sobat simak ya.


Cara Menghadapi Masalah Dengan Kakak Kelas - Seperti yang sudah kita ketahui luka karena kata-kata lebih menyakitkan daripada luka fisik, karena luka yang ada di tubuh bisa sembuh, tapi luka di hati belum tentu sembuh begitu saja, ejek-mengejek  memang hal yang wajar terjadi di antara teman, apalagi di sekolah. Contonya  ketika sekolah di SD suka memanggil nama temannya dengan nama orang tua dari si teman. Ketika sekolah SMP dan SMA, sih, sudah beda lagi , jadi ledekannya tidak menggunakan nama orang tua , tapi dengan sesuatu yang lebih menyakitkan seperti meledek fisik, kebiasaan, ekonomi keluarga, dan lain-lain.

Seperti yang sudah kita ketahui luka karena kata-kata lebih menyakitkan daripada luka fisik, karena luka yang ada di tubuh bisa sembuh, tapi luka di hati belum tentu sembuh begitu saja, ejek-mengejek  memang hal yang wajar terjadi di antara teman, apalagi di sekolah. Contonya  ketika sekolah di SD suka memanggil nama temannya dengan nama orang tua dari si teman. Ketika sekolah SMP dan SMA, sih, sudah beda lagi , jadi ledekannya tidak menggunakan nama orang tua , tapi dengan sesuatu yang lebih menyakitkan seperti meledek fisik, kebiasaan, ekonomi keluarga, dan lain-lain.

Mengejek dan mem-bully memang tak sama, Yang membedakan kedua hal ini adalah tujuan. Meledek mungkin awalnya bisa terjadi karena ingin bercanda saja, Tapi, ada juga yang meledek untuk menghina, bertujuan untuk  menyakiti perasaan orang yang dimaksud. Mengejek seseorang bisa berubah menjadi bullying ketika ledekan dilakukan bertubi tubi  dan tujuannya untuk menyakiti perasaan. Sudah tak aneh sebenarnya kasus ledek-meledek dan bullying di sekolah apalagi sering di lakukan oleh kakak kelas, mungkin kakak kelas merasa  lebih berposisi di sekolah. Tapi, bukan berarti kamu sebagai adik kelas jadi diam saja ketika di-bully.

ketahuilah 10 cara menghadapi ejekan di sekolah oleh kakak kelas, mungkin ledekan dan bully an dari kakak kelas dapat menjadi sebuah masalah , namun jangan khawatir kami telah merangkum secara 10 Cara Menghadapi masalah dengan kakak kelas eksklusif untuk kamu.

Baca Juga : 10 Cara Menghadapi Masalah Hutang

10 Cara Menghadapi  masalah dengan kakak kelas di Sekolah


1. Menghindari

Cara menghadapi ejekan kakak kelas di sekolah yang pertama adalah dengan cara menghindarinya. Ketika kamu melihat  kakak kelas yang suka meledek dan membuat masalah dengan kamu, sebisa mungkin jangan meladeni mereka. Kalau perlu jangan sampai kamu bergabung dengan mereka, karena sama saja dengan masuk ke kandang harimau yang sedang lapar. menghindari di sini bukan berarti kamu jadi pengecut yang kabur-kaburan dari sebuah masalah yang terjadi  seperti tidak mau masuk kelas, tidak mau sekolah, tidak mau ikut ekskul, bukan seperti itu, ya, usakan menghindar dari kakak kelas sejauh mungkin ketika kamu berperasaan akan terjadi nya sebuah masalah apabila bergabung dengan kakak kelas.

2. Jangan terlalu dekat dengan kakak kelas

Kalau kamu tidak bisa menghindari dari kakak kelas yang hanya bisa membuat masalah saja seperti meledek kamu, ada baiknya kamu tak terlalu dekat dengan mereka , Cuekin juga kata-kata yang mereka yang berusaha memancing emosi kamu. Dan jangan terpengaruh oleh ledekan atau bullyan mereka, jika ledekan mereka menjadi masalah bagi kamu, baiknya kamu tak usah mendekati mereka lagi.

3. Anggap saja masalah dengan candaan

daripada kamu jadi sakit hati karena menganggap  masalah tersebut sebagai ujaran kebencian, sebisa mungkin anda menghadapi masalah yang satu ini diselesaikan tanpa emosi. Atau mungkin lebih tepatnya dengan emosi yang ditahan, hadapi masalah kamu dengan sedikit candaan agar suasana lebih mencair.

4. Masalah yang ada jangan terlalu Diambil Hati

Cara menghadapi kakak kelas yang menghina kamu dan membuat kamu bermasalah dengan kakak kelas salah satunya dengan cara mencuekin apa yang terjadi , anggap saja masalah kakak kelas yang mengejek kamu sebagai angin yang berlalu, Jangan masukkan ledekan kakak kelas ke dalam hati kamu, proteksi perasaan kamu, dan alihkan perhatian kamu ke hal-hal yang lebih bermanfaat.

5. Meminta bantuan dan Perlindungan Teman

Kamu bisa meminta bantuan dan  perlindungan dari teman jika sudah tak mampu menyelesaikan masalah dengan kakak kelas di sekolah, teman kamu bisa menjadi alat penengah untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, teman kamu juga mungkin bisa memberikan kamu sedikit saran , agar kamu cepat berdamai dengan kakak kelas.

6. Intropeksi diri dan Tingkatkan Prestasi

Intropeksi diri sendiri lebih baik ketimbang kamu terus emosi kepada kakak kelas, dengan intropeksi diri kamu bisa lebih mengerti dengan situasi permasalahan, dan kalau perlu kamu meningkatkan prestasi agar kakak kelas kamu lebih menghormati kamu.

7. Minta pendapat dari guru

jadilah pribadi yang lebih percaya diri lagi minta pendapat kepada guru anda tentang masalah yang ada. Pikirkan kenapa kakak kelas bisa bermasalah dengan kamu seperti  halnya meledek kamu, mungkin karena mereka iri dengan kelebihan yang kamu punya, namun jangan takut dengan adanya guru di samping kamu, kamu akan lebih pede dalam menyelesaikan masalah dengan kakak kelas

8. Meminta tolong ke Orang Terdekat

Ketika ledekan yang menjadi sumber permasalahan yang di lakukan oleh kakak kelas ada baiknya kamu meminta tolong kepada orang terdekat seperti teman sebangku dan guru terdekat, jangan merasa sungkan untuk meminta tolong  menceritakannya masalah kepada orang terdekat kamu., Ceritakanlah masalah yang terjadi pada kamu kepada wali kelas atau guru konseling agar orang  tua  bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

9. Melaporkan masalah

Ketika  masalah kamu dengan kakak kelas semakin intens dan tidak hanya meledek saja tapi sudah sampai beranimain tangan , jangan ragu untuk melaporkannya pada pihak yang lebih berwenang seperti Guru dan kepala sekolah, agar masalah cepat teratasi tak terjadi lagi

10. Menahan emosi

Satu hal yang perlu kamu lakukan dalam cara menghadapi  masalah di sekolah, adalah  menahan amarah kamu dan jangan pernah membalas perlakuan yang sama pada mereka. pokoknya, jangan sampai kamu melakukan hal yang tidak perlu. Jangan sampai kamu marah marah dan memperkeruh keadaan , ada baiknya masalah yang ada di selesaikan dengan kepala yang dingin.

Semoga dengan penjelasan di atas kamu dapat menyelesaikan masalah kamu dengan kakak kelas di sekolah dan, jangan takut untuk menceritakan masalah kamu pada orang dewasa, di balik semua masalah pasti ada hal yang baik untuk kamu sendiri, semoga bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel