10 Cara Menghadapi Masalah Menurut Islam Yang Perlu Kamu Tahu

Mbayuli.Com - Hallo sobat apa kabar masih di mbayuli.com ya gimana kalian sehat kan jangan sakit-sakit ya sakit gak enak tahu hehe ,ok artikel kali ini yaitu 10 Cara Menghadapi Masalah Menurut Islam ,silahkan sobat simak ya.


10 Cara Menghadapi Masalah Menurut Islam - Pastinya semua  orang pernah mengalami sebuah masalah  ,Karena banyak orang yang  terlalu cinta dunia yang hanya menginginkan keinginan nya sendiri. Untuk itu marilah kita untuk menyelesaikan masalah dengan hati yang tenang dan menyelesaikan masalah melalui ajaran agama, banyak sekali yang bisa kita ambil dari pelajran Al-qur'an dan sunnah  dalam menghadapi semua masalah.

Pastinya semua  orang pernah mengalami sebuah masalah  ,Karena banyak orang yang  terlalu cinta dunia yang hanya menginginkan keinginan nya sendiri. Untuk itu marilah kita untuk menyelesaikan masalah dengan hati yang tenang dan menyelesaikan masalah melalui ajaran agama, banyak sekali yang bisa kita ambil dari pelajran Al-qur'an dan sunnah  dalam menghadapi semua masalah.

Pelajaran yang bisa kita ambil, bahwa kita selalu memikirkan  masalah tersebut yang belum tentu  selesai dengan sendirinya, namun kita sering melakukan sesuatu dan sebuah cara dalam menghadapi masalah , yaitu dengan mengadu kepada Allah swt . Ada beberapa saran atau cara yang bisa anda  lakukan, untuk menyelesaikan masalah dan menghilangkan  sebush masalah yang sering anda hadapi.
Agar tidak membuang waktu anda langsung saja simak 10 cara menghadapi masalah menurut ajaran islam , sebagai berikut :

Baca Juga : 10 Cara Menghadapi Masalah Dalam Rumah Tangga

10 Cara Menghadapi Masalah Menurut Islam 


1. Ikhlas karena Allah SWT untuk menyelesaikan masalah

Apapun yang anda inginkan, baiknya diniatkan mengharap ridha Allah semata. Biasakan diri untuk menanamkan Rasa keikhlasan atas segala hal yang terjadi , Ikhlas merupakan hal  yang paling penting dalam setiap amal ibadah maupun perbuatan yang kita lakukan. Ikhlas di ibaratkan  seperti jembatan yang menghubungkan kita dengan jalan penyelesaian . Ikhlas juga bisa  menghadirkan ketenangan jiwa di dalam hati dan menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan yang membuat anda masuk ke dalam jurang permasalahan lagi, insya Allah apapun hasil yang di peroleh tidak akan membuat kita mengulangi kesalahan kembali.

2. Menghilangkan stress dari sebuah masalah dengan berwudhu

Manusia adalah tempatnya lupa, selalu  ada kesalahan yang dilakukan. Untuk itu  baiknya manusia selalu mengsucikan diri. Berwudhu selain  dapat membersihkan  noda-noda kotoran najis kecil , berwudhu juga memiliki keutamaan untuk membersihkan diri dari dosa kecil.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda;

“Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya tersebut setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudhu atau bersama akhir tetesan air wudhu”
(HR Muslim, No. 244).

3. Bersegera untuk Mengerjakan Sholat untuk menenangkan diri

Menurut penelitian ilmiah, gerakan sholat memiliki  banyak manfaat yang luar biasa bagi tubuh . Manfaat nya adalah  dapat mempengaruhi kesehatan, Keutamaan terbesar sholat salah satunya Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib’iy mengabarkan kepadanya bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda;

“Allah Ta’ala berfirman: ”

 ‘Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu shalat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barang siapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan”.
Manfaat lain yang bisa di dapatkan setelah solat , dapat menenangkan hati dan pikiran, meskipun anda mempunyai sebuah masalah besar sekalipun.

4. Membaca Al-Quran agar hati menjadi tenang

Membaca alquran memiliki banyak manfaat , salah satunya dapat menenangkan pikiran dan hati, jika anda mempunyai masalah yang membuat anda stress ada baiknya anda berwudhu dan membaca alquran dan Al-Quran bisa menjadi  sebuah  syafa’at di hari kiamat bagi yang istiqomah membaca dan mengamalkannya.

Berikut hadist Nabi Muhammad SAW :

“ barang Siapa yang ingin mengetahui bahwa dia mencintai Allah swt  dan Rasul-Nya, maka perhatikanlah jika dia mencintai Al-Quran maka sesungguhnya dia mencintai Allah Swt dan rasul-Nya.”

(Atsar shahih diriwayatkan di dalam kitab Syu’ab Al Iman, karya Al Baihaqi).

5. Senantiasa Mengingat Allah agar hati tenteram ketika mempunyai sebuah masalah

Mengingat Allah swt  bisa dengan cara berdzikir , Dzikir artinya mengingat Allah,. Hadirkan Allah disetiap hembus nafas dengan berdzikir, dengan begitu kita akan menjadi tenang  dalam menghadapi sebuah masalah , sebagaimana firman Allah SWT yang artinya;

“Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”
(QS. Ar-Ra’d, Ayat 28).

6. Bersyukur ketika masalah sudah sedikit mereda

Allah telah manjanjikan bagi orang-orang yang selalu bersyukur  akan di tambahkan nikmatnya, Allah berfirman,

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti  akan kami tambahkan (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku),  Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim. Ayat 7).

Mereka orang-orang yang senantiasa bersyukur adalah orang-orang yang meraih ketenangan dan insya Allah permasalahan yang  ada cepat selesai dengan baik.Seseorang yang hatinya penuh dengan  rasa syukur insya Allah akan mendapatkan berbagai kemudahan , dan kecukupan hati adalah kekayaan yang hakiki.

7. Senantiasa Berprasangka Baik (husnuzdan)

Stres  dalam sebuah masalah juga bisa  menjadikan anda berprasangka buruk terhadap segala sesuatu.Untuk itu, Islam mengajarkan kepada umatnya untuk berprasangka yang baik, agar hati merasa tenteram dan kehidupan menjadi penuh berkah apalagi ketika kita mempunyai banyak masalah. Dengan  berhusnudzan dapat Membiasakan pikiran untuk selalu berprasangka baik, gangguan stress dalam sebuah masalah  yang sering muncul dan  bisa lebih cepat hilang.

8. Menjauhi segala  hal yang buruk

kunci untuk mendapatkan kehidupan yang damai  bisa dengan melakukan amal sholeh dan menjauhi semua hal yang buruk  yang telah dilarang oleh Allah SWT dan Rasul-Nya. Orang-orang yang dalam hidupnya senantiasa beramal sholeh dan menjauhi segala hal yang buruk agar tidak dapat memperkeruh keadaan, akan selalu menjadi lebih baik dari setiap sisi tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat  nanti.

9. Tetap  Menjaga tali  Silaturahmi

Menjalin silaturahmi supaya berkah dan bernilai pahala harus anda awali karena berniat untuk mempererat hubungan meskipun mempunyai masalah dengan orang tersebut, Karena silaturahmi yang paling utama, tujuannya  agar kita dicintai dan didekatkan kepada Allah SWT
Menjalin silaturrahmi terhadap sesama manusia artinya kita menjalin hubungan yang baik sebagai sesama makhluk ciptaan Allah SWT, Oleh karena itu, bersilaturahmi adalah obat stres yang sangat ampuh  ketika anda ingin menyelesaikan sebuah masalah  jika di dasari niat  yang ikhlas dan mengharap rahmat dari Allah SWT.

10. Berdoa

Allah sangat senang jika  hambanya  banyak meminta dan berdoa, karena dengan  berdoa merupakan suatu ibadah yang bernilai pahala. Firman Allah dalam surah  Ghafir yang artinya :
“Berdoalah kepada-Ku,  maka Aku akan mengabulkannya untuk kalian.`’
(QS Ghafir: 60).”
Berdoa menjadi obat yang paling mujarab ketika anda mempunyai sebuah masalah dan ingin cepat cepat menyelesaikan masalah tersebut , dengan berdoa anda mempunyai sebuah sandaran dan harapan agar masalah yang  ada bisa di atasi dengan baik.

Semoga permasalahan yang anda punya bisa cepat teratasi , tetap berdoa dan meminta solusi dan jalan keluarnya, Allah tidak akan memberi cobaan berat kepada hambanya, sekira hambanya itu tak mampu untuk mengatasi nya sendiri, ada baiknya  anda tetap berdoa dan tetap menjaga tali silaturahmi dengan orang yang punya masalah meskipun anda telah menyelesaikan masalah  tersebut,  dan semoga  10 cara menghadapi masalah menurut islam di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel