10 Hal Penting Cara Merawat Ayam Bangkok Muda Umur 6 Bulan

Mbayuli.Com - Hallo sobat ketemu lagi ya di mbayuli.com gimana kalian sehat kan jangan sakit-sakit ya sakit itu gak enak tahu hehe, ok artikel kali ini adalah 10 Hal Penting Cara Merawat Ayam Bangkok Muda Umur 6 Bulan silahkan sobat simak ya.

Ayam Bangkok memang cukup populer dan banyak diminati dikalangan pecinta ayam dalam negeri, Ayam ini  dikenal d sebagai ayam petarung. Hal seperti Ini  lah yang membuat ayam Bangkok diminati untuk dipelihara.


Ayam Bangkok memang cukup populer dan banyak diminati dikalangan pecinta ayam dalam negeri, Ayam ini  dikenal d sebagai ayam petarung. Hal seperti Ini  lah yang membuat ayam Bangkok diminati untuk dipelihara.

Salah satu jenis Ayam ini dikenal dengan pukulannya yang mematikan serta memiliki gerakan yang cepat. Bahkan ayam bangkok termasuk ayam dengan postur yang bagus dan cocok untuk aduan, namun beberapa orang yang baru memulai hobi baru memelihara ayam Bangkok aduan pasti kesulitan awalnya , apalagi ayam yang masih kecil sekitar umur 2-3 bulan, ketika menginjak usia 6 bulanan , baiknya ayam aduan diperlakukan lebih baik lagi, karena di waktu umur 6 bulan merupakan waktu yang sangat baik untuk si ayam lebih berkembang dan menjadikan mental si ayam lebih kuat lagi.

Baca  Juga : 6 Hal Penting Dalam Perawatan Harian Ayam Bangkok

10 Hal Penting Cara Merawat Ayam Bangkok Muda Umur 6 Bulan


1. Memberikan Pakan dengan Rutin

Memberikan pakan merupakan sesuatu yang penting bagi pertumbuhan si ayam , memberikan pakan ayam  pun berbeda beda sesuai dengan umurnya masing masing, misalnya  cara memberikan pakan ayam berusia 0-16 hari,harus memakai wadah yang agak  datar agar mudah dimakan  Sedangkan cara memberi pakan ayam yang berusia 16 – 21 hari, yaitu dengan memberikan pakan secara langsung, dan untuk ayam yang usia setenagn tahun anda bisa mencampurkannya dengan suplemen atau vitamin agar ayam lebih berstamina.

Salah satu hal  yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan ketersedian air. Karena ayam bangkok merupakan ayam petarung yang membutuhkan banyak minum. Tentu sangat lucu  jika ayam bangkok meninggal karena mengalami dehidrasi.

2. Penyiapan Kandang

Ketika ayam Bangkok masih kecil anda bisa menggunakan kandang dengan ukuran yang kecil juga, namun apabila ayam bangkok sudah berumur lebih dari 6  bulan anda perlu memerhatikan kandang si ayam, anda perlu menentukan penyiapan kandang si ayam agar lebih nyaman dan lebih aman. Mulailah memperhatikan penempatan atau lokasi kandang ayam Bangkok anda . penyiapan kandang ini bertujuan agar si ayam tidak stress dan pundungan.

3. Lokasi Kandang

Jika kalian memelihara ayam Bangkok ,  usahakan  lokasi kandangnya dekat dengan sumber air. Usahakan jika kondisi kontur tanah datar. Dan  juga dikelilingi beberapa pohon pelindung agar si ayam bisa berteduh jika kepansan dan bertujuan agar si ayam lebih nyaman lagi , pohon ini bisa membantu mengatur sirkulasi udara di dekat  kandang. Serta dapat membantu mengatur intensitas cahaya matahari untuk menjaga kelembaban udara didalam kandang.

4. Pastikan Saluran Air Lancar

Usahakan jika kandang ayam mempunyai saluran air yang lancar supaya kandang tidak lembab.  Jika ada air yang menggenang di kandang , ini bisa membuat kandang  di penuhi dengan sarang nyamuk. Pastikan jika lokasi kandang ditumbuhi dengan rerumputan  ,. Karena ayam bangkok merupakan salah satu hewan yang sangat  menyukai rumput dan menjadikan rumput sebagai makanan pengganti serat yang bertujuan untuk memperlancar pencernaan.

5. Usahakan Kandang Menghadap Sinar Matahari

Usahakan kandang ayam menghadap sianr matahari karena ayam umur 6 bulan sedang masa masa pertumbuhan yang bagus,  tujuan lain menghadapkan kandang ke sinar matahari salah satunya untuk  menjauhkan tertular penyakit yang berasal dari luar kandang. Sinar matahari yang mengandung vit D juga dapat membantu pertumbuhan tulang si ayam.

6. Sesekali Mengeluarkan Ayam dari Kandang

disarankan untuk mengeluarkan ayam dari kandang apalagi ketika cuaca sedang cerah cerahnya. Menjemur ayam  ketika matahari cerah akan memberikan manfaat yang banyak untuk ayam . Apalagi jika anda menjemurnya  saat pagi hari.

7. Perawatan Ayam yang sudah siap untuk di pisahkan.

Jika ayam menginjak usia yang cukup untuk di adukan, dan jika ayam sudah besar anda  perlu memindahkan ayam bangkok kedalam kandang lain. Selanjutnya kalian bisa memulai proses perawatan dengan penggemukan agar tubuh si ayam lebih berisi lagi. Di umur 6 bulan sebenarnya ayam bisa di pisahkan dari ayam lainnya, tujuan nya untuk mempermudahkan ketika perawatan, karena pada dasarnya perwatan ayam berbeda-beda, kadang ada ayam yang rewel, ketika umur ayam Bangkok 6 bulan jangan lupa untuk sering melatihnya bertarung dengan ayam yang lain.


8. Memperhatikan Sirkulasi Kandang ayam di usia 6 bulan

Untuk menjaga kelembaban kandang,  kalian bisa memberikan kapur dibawah alas. bertujuan untuk mencegah ayam terkena penyakit dan juga mengurangi bau dari kotoran , dan yang paling terpenting untuk menjaga sirkulasi udara di kandang ayam , sirkulasi udara dapat membantu ayam Bangkok muda untuk mendapatkan udara yang bersih dan berkualitas, tujuan lainnya untuk menjaga kesehatan pernafasan si ayam, ketika akan di adukan nanti tidak ngos ngosan seperti ayam yang kurang menghirup udara bersih.

9. Memperhatikan Kebersihan

Salah satu cara merawat ayam Bangkok muda umur 6 bulanan yang  siap adu adalah dengan menjaga kebersihan kandangnya. Kebersihan kandang ayam Bangkok menjadi hal yang utama dan  sangat penting, jika kalian menginginkan ayam bangkok  yang berkualitas dan sehat,  rutin rutinlah untuk membersihkan kandang ayam Bangkok anda.

10. Latihan aduan

Agar ayam Bangkok anda lebih kuat dan lebih bermental lagi, ada baiknya anda melakukan latihan rutin ,  seperti mengadukan ayam aduan anda dengan ayam lainnya tujuan nya agar si ayam terbiasa dan siap jika di adukan kembali, anda bisa merutinkan latihan aduan sekitar seminggu sekali sampai dengan dua kali.

Dan demikianlah beberapa informasi dan penjelasan cara merawat ayam Bangkok muda usia 6 bulan, semoga ulasan dan cara di atas dapat bermanfaat bagia anda yang benar benar membutuhkannya, anda juga bisa mencari informasi lainnya yang berhubungan dengan ayam di halaman ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel