10 Solusi dan Cara Tepat Menghadapi Masalah Hutang Agar Terbebas Hutang

Mbayuli.Com - Hallo sobat ketemu lagi ya di mbayuli.com gimana kalian sehat kan jangan sakit sakit ya sakit gak enak tahu ok artikel kali ini yaitu 10 Solusi dan Cara Menghadapi Masalah Hutang silahkan sobat simak ya.


10 Solusi dan Cara Menghadapi Masalah HutangSalah satu yang perlu kita diperhatikan adalah masalah keuangan., terutama bagi orang  berada dalam jeratan utang. Memang, hutang atau juga bisa disebut dengan pinjaman merupakan  salah satu solusi yang paling sering dilakukan oleh orang ketika mengalami masalah financial . akan tetapi , ternyata utang kebanyakan malah menjadi bumerang bagi si peminjamnya  karena kadang saat berutang mungkin si peminjam tidak memperhatikan risiko jangka panjangnya dan resiko kedepannya.


10 Solusi dan Cara Menghadapi Masalah Hutang - Salah satu yang perlu kita diperhatikan adalah masalah keuangan., terutama bagi orang  berada dalam jeratan utang. Memang, hutang atau juga bisa disebut dengan pinjaman merupakan  salah satu solusi yang paling sering dilakukan oleh orang ketika mengalami masalah financial . akan tetapi , ternyata utang kebanyakan malah menjadi bumerang bagi si peminjamnya  karena kadang saat berutang mungkin si peminjam tidak memperhatikan risiko jangka panjangnya dan resiko kedepannya.

Dalam hal ini tentu kita tidak bisa mengatakan jika utang adalah sebuah solusi dan obat yang buruk, karena bisa jadi utang merupakan satu-satunya jalan yang tersedia, dan mungkin ana tak mau di kejar kejar terus oleh debt collector , Jika Anda termasuk ke dalam golongan orang yang  mempunyai masalah dengan hutang dan ingin cepat mengatasinya, maka patut mencoba 10 cara  menghadapi masalah utang. 

Baca Juga : Cara Menghadapi Masalah Menurut Islam


Berikut 10 cara tepat untuk terbebas dari hutang :


1. Utamakan  Melunasi Utang dengan Bunga  Tinggi Terlebih Dahulu

Hutang dengan bunga yang sangat tinggi sudah pasti akan  membebani pikiran Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda terlebih dahulu untuk  melunasi utang dengan bunga yang tinggi dahulu. Hal ini memang  butuh perjuangan ekstra dan bisa saja Anda harus fokus  untuk melakukan penghematan demi melunasi utang yang bunganya tinggi  tersebut. Melunasi hutang dengan bunga yang  tinggi bukan berarti Anda harus mengabaikan utang yang lainnya. Jika ada dana yang masih cukup, segera lunasi juga utang yang lainnya.

2. Mengevaluasi Pemasukan dan Pengeluaran Anda

Setiap bulan  usahakan untuk cek sejumlah tagihan dan  hutang  yang harus Anda bayar dengan penghasilan bulanan anda., perhatikan pula secara rinci pengeluaran Anda dari hal yang besar hingga hal  yang terkecil, seperti mulai dari biaya untuk makan di luar , Belanja, Rekreasi, dan lain sebagainya. Jika Anda sudah menemukan kebutuhan yang memberatkan, segera lakukan evaluasi dan sebaiknya Anda menghapus kebutuhan tersebut dari anggaran bulanan di bulan  berikutnya.  

3. Membuat Anggaran  untuk Melunasi Utang Anda

Jika selesai melakukan evaluasi pemasukan, kini saatnya bagi Anda untuk mulai melunasi utang utang anda . Menghilangkan kebutuhan yang tak perlu tentu tidak akan membuat Anda merasakan kehilangan  besar, karena memang kebutuhan tersebut bukanlah kebutuhan utama. Misalnya Anda tidak terlalu suka pergi ke mall, namun ternyata pada bulan tersebut Anda mengeluarkan banyak biaya untuk liburan di mall bersama keluarga. Hal-hal seperti itulah yang  harus Anda kurangi .

4. Cerdas dalam Berbelanja

Selama Anda punya tujuan untuk melunasi utang, maka Anda juga wajib untuk berpikir cerdas dalam membelanjakan uang anda. Sebagai contoh, ketika pergi ke kantor, Anda terbiasa untuk membeli sarapan dan makan siang dengan estimasi biaya sebesar Rp30.000 per hari. Anda sebenarnya bisa membawa makanan dari rumah pada saat akan pergi bekerja. Jika di hitung setiap pekan anda  dapat menghemat banyak uang ketimbang uang anda habiskan untuk membeli sarapan dan makan di jalan.

5. Mencari Pekerjaan Tambahan

Jenis pekerjaan tambahan yang Anda incar juga harus disesuaikan dengan skill yang dipunya , supaya Anda tak memakan banyak waktu luang  untuk mengerjakannya, mengingat Anda juga memiliki pekerjaan utama.. Menjadi online freelancer bisa menjadi opsi yang baik juga baik  bagi Anda, karena dengan menjadi freelancer Anda bisa bekerja dari dalam  rumah  dan bisa bersantai bersama keluarga. 

6. Usahakan Pengeluaran Anda Lebih Sedikit Ketimbang Pemasukan

Bila pengeluaran Anda lebih besar dari pendapatan, bisa dipastikan Anda akan gagal dalam lepas dari lilitan utang. Usahakan pengeluaran perbulan anda lebih sedikit daripada pemasukan, dengan sisa uang yang ada anda bisa sedikit demi sedikit untuk mencicil pelunasan hutang anda dan Anda  bisa manfaatkannya untuk tabungan, investasi, asuransi, dan juga persiapan dana darurat.

7. Jangan Menunda Pembayaran

 Percaya atau tidak, menunda pembayaran bisa mengakibatkan hal yang buru karena bisa saja Anda menggunakannya pada hal lain. Jika dana sudah tersedia, maka anggaplah dana tersebut sebagai prioritas utama anda untuk melunasi hutang , sehingga Anda tidak akan berhasrat menggunakannya untuk kepentingan lain. 

8. Disiplin 

Apabila memang memiliki kebutuhan yang sangat mendesak, sebaiknya Anda pertimbangkan  , apakah akan berutang  kembali atau melakukan sedikit pengorbanan dengan mengurangi beberapa pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jika memang kebutuhan tersebut bisa diatasi dengan  berkorban, maka sebaiknya opsi tersebut yang Anda jadikan pilihan.

9. Jangan Memikirkannya Setiap Waktu

jangan memikirkan hal ini setiap waktu, jika anda memikirkan  hal tersebut tentu akan membuat Anda tertekan. Ingat, jika pada awal bulan  sudah Anda rencanakan dengan baik dan semua  itu berjalan sesuai rencana, maka sebaiknya Anda tak usah terlalu memikirkannya lagi, anda tinggal menjalankannya dengan apa yang anda pikirkan.

10. Meminta Dukungan Keluarga

Ketika Anda sudah tak lagi terlilit oleh utang dan kondisi keuangan sudah  mulai stabil, , anda dapat meminta dukungan dari keluarga agar anda tidak mudah tergiur dan masuk lagi ke dalam jurang hutang.

Jika anda sudah berhasil dari jurang hutang , usahakan diri anda agar tidak berhutang kembali , latihlah diri anda agar tidak mudah berhutang kepada orang lain, dan anda harus belajar tentang masalah keuangan anda , pintar pintar lah mengatur keuangan anda, semoga 10 cara menghadapi masalah utang di atas dapat bermanfaat bagi anda dan dapat anda terapkan dalam mengatasi masalah utang anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel