10 Titik Pijat Agar Cepat Kontraksi Yang Perlu Kamu Tahu

Mbayuli.Com - Hallo sobat ketemu lagi ya di mbayuli.com gimana kabar nya nih sehat-sehat saja kan jangan saki-sakit ya sakit gak enak tahu hehe, artikel kali ini adalah cara mengetahui Titik Pijat Agar Cepat Kontraksi,nah buat sobat yang sedang membutuhkan informasi ini sobat berada di tempat yang tepat silahkan sobat simak ya.


Titik Pijat Agar Cepat Kontraksi - Akupresur berfokus pada titik tekanan alami tubuh untuk menginduksi atau melancarkan dan mempercepat persalinan, seperti cara alami lainnya untuk menginduksi persalinan dalam sebuah proses kelahiran, metode titik pijat ini hanya berlaku saat serviks sudah matang dan anda sudah siap untuk melahirkan, Stimulasi titik tekanan dengan  menggunakan akupresur maternal telah terbukti aman dan efektif sebagai alat untuk menginduksi persalinan dan mempercepat kontraksi. Metode ini  dilakukan  dengan cara menekan titik tertentu pada tubuh sehingga merangsang rahim dan menyebabkan kontraksi lebih cepat.

Titik Pijat Agar Cepat Kontraksi Akupresur berfokus pada titik tekanan alami tubuh untuk menginduksi atau melancarkan dan mempercepat persalinan, seperti cara alami lainnya untuk menginduksi persalinan dalam sebuah proses kelahiran, metode titik pijat ini hanya berlaku saat serviks sudah matang dan anda sudah siap untuk melahirkan, Stimulasi titik tekanan dengan  menggunakan akupresur maternal telah terbukti aman dan efektif sebagai alat untuk menginduksi persalinan dan mempercepat kontraksi. Metode ini  dilakukan  dengan cara menekan titik tertentu pada tubuh sehingga merangsang rahim dan menyebabkan kontraksi lebih cepat.



Metode ini mungkin memang tidak sepopuler dengan metode akupuntur. Padahal prinsip akupresur sebenarnya sama dengan akupuntur, sama-sama memberikan tekanan pada bagian tubuh tertentu untuk mengurangi dan mencegah rasa sakit. Hanya saja akupresur cukup dengan menggunakan tekanan jari, bukan dengan jarum layaknya pada metode  akupuntur.

Banyak penelitian  yang sudah membuktikan bahwa akupresur dapat mengurangi rasa sakit dan kecemasan pada wanita ketika akan melahirkan ,  karena metode ini dapat meningkatkan aliran darah dan membantu merangsang kontraksi pada  rahim. Ini sebabnya, akupresur dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menginduksi persalinan secara alami. induksi persalinan  dengan metode akupresur ini  tidak boleh dilakukan sebelum usia kehamilan 37 minggu bertujuan  agar tidak mengganggu perkembangan si jabang  bayi.

Baca Juga : Tips dan Cara Cepat Melahirkan Anak Pertama

Di bawah ini kami telah menyediakan beberapa akupresur , titik pijat agar mempercepat kontraksi 
Titik-titik akupresur untuk induksi persalinan alami.


Titik Pijat Agar Cepat Kontraksi


1. Titik limpa 6 (SP6).

Titik limpa 6 (spleen 6 point / SP6) umumnya digunakan untuk titik akupresur di segala kondisi, termasuk untuk induksi  dan mempercepat kontraksi dalam persalinan. Titik pijat ini berguna untuk merangsang kontraksi rahim dan mengurangi rasa sakit selama kontraksi berlangsung.
Titik yang juga dikenal persimpangan tiga yin ini terletak di atas pergelangan kaki bagian dalam, letaknya di belakang tulang kering (betis bagian  bawah). Para terapis lebih sering fokus pada titik ini dan melakukan teknik pemijatan sekitar 60 sampai 90 menit untuk merangsang kontraksi pada wanita yang akan melahirkan.

Cara melakukannya dengan meletakkan empat jari Anda di atas tulang pergelangan kaki bagian dalam , Kemudian berikan pijatan pada titik ini menggunakan jari telunjuk selama 60 detik.  Hentikan 1 menit, kemudian ulangi  kembali dengan cara yang sama.

2. Titik kandung kemih 60 (BL60).

Titik ini terletak di antara pergelangan kaki anda dan tendon Achille, Tendon Achilles merupakan jaringan ikat yang menghubungkan otot betis di belakang kaki bawah ke tulang tumit . Titik ini disebut dengan Kunlun  bermanfaat untuk meringankan nyeri ketika persalinan dan mengurangi penyumbatan pada saat persalinan
Cara melakukan: Pijat lembut titik BL60 dengan menggunakan jempol selama beberapa menit, lakukan gerakan melingkar hingga beberapa kali  hingga kontraksi mulai terasa.

3. Titik perikardium 8 (PC8).

Titik  ini (pericardium 8 point)  dikenal dengan istilah Laogong, terletak pada  pusat telapak tangan dan sangat bermanfaat untuk menginduksi ketika persalinan. Untuk melakukannya, coba kepalkan tangan Anda dan perhatikan dimana letak ujung jari tengah, kemudian  sentuh telapak tangan anda. Nah, di situlah letak PC8.

Cara melakukannya  Setelah menemukan titik pijat ini  gunakan jempol tangan Anda yang  satunya untuk memberikan pijatan lembut pada titik pC8. Lakukan pemijatan selama kurang lebih 1 menit  dan rasakan manfaatnya.

4. Titik kandung kemih 67 \.

titik kandung kemih 67 (BL67) dipercayai  dapat mengubah posisi janin dan  dapat merangsang kontraksi rahim. Titik ini  terletak di bagian kaki, tepatnya di luar ujung jari kelingking dan di dekat dengan tepi kuku kaki.

Cara melakukan pijatan ini dengan  memberikan tekanan yang kuat pada titik ini dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk seperti gerakan mencubit jari kaki .selanjutnya pijat titik ini hingga kontraksi muncul.

5. Titik usus besar 4 

Titik usus besar ( large intestine 4 point)  ini paling banyak digunakan dalam terapi akupresur. Disebut dengan nama Hoku, titik usus besar ini  terletak pada sudut  jempol dan jari telunjuk.
Sama seperti titik kandung kemih , titik LI4 juga dapat bermanfaat unutuk  menginduksi persalinan dan  mampu menyebabkan bayi masuk ke rongga panggul. Tidak hanya itu, titik ini juga dapat meringankan rasa sakit akibat kontraksi yang datang.

Cara melakukannya  dengan memberikan tekanan lembut pada sekitar  jempol dan jari telunjuk  selama kurang lebih  60 detik dengan gerakan melingkar. Ketika kontrasi mulai terjadi , hentikan gerakan ini dan lanjutkan kembali saat kontraksi mereda. Berikan jeda untuk istirahat, kemudian ulangi dengan cara yang sama sampai kontraksi terjadi lagi .

6. Titik kandung kemih 32 (bladder 32 point)

Titik kandung kemih ini disebut  dengan nama lain Ciliao, terletak di punggung bawah antara lesung bokong . Pijatan di titik ini dapat  bermanfaat untuk memicu kontraksi dan  dapat di percayai untuk membantu meringankan masalah sistem reproduksi wanita.

Cara melakukannya  anda bisa melakukan pijatan pada titik  ini dengan arah ke bawah atau menuju bokong. Lakukan metode ini beberapa menit sampai merasakan adanya kontraksi pada rahim.

titik pijat atau biasa di sebut dengan akupresur ini sudah sejak lama di gunakan dalam membantu para wanita yang akan menhadapai persalinan, Semoga  titik pijat agar cepat kontraski yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan, dan jangan lupa untuk membagikan inforamsi di halaman ini kepada teman anda yang sedang hamil juga ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel