6 Hal Penting Dalam Perawatan Harian Ayam Bangkok Aduan

Mbayuli.Com - Hallo sobat ketemu lagi ya di mbayuli.com gimana kabarnya sehat kan jangan sakit sakit ya sakit gak enak tahu hehe ,artikel kali ini masih seputar ayam dan kali ini adalah 6 Hal Penting Dalam Perawatan Harian Ayam Aduan silahkan sobat simak ya.

Perawatan harian ayam aduan memang sangat penting , ini menjadi faktor penentu dari kualitas ayam anda, Perawatan ayam  dibedakan menjadi 2 jenis, perawatan rutin dan perawatan berkala. Perawatan rutin merupakan  perawatan yang dilakukan sehari-hari oleh  si pemilik , sedangkan perawatan berkala adalah perawatan yang dilakukan untuk mempersiapkan ayam  sebelum berlaga atau perawatan untuk memulihkan kondisi fisik ayam  setelah di adukan.  Di kesempatan kali ini, kita akan mengulas tentang cara perawatan harian  ayam bangkok  aduan yang  rutin dilakukan sehari-hari.

Perawatan harian ayam aduan memang sangat penting , ini menjadi faktor penentu dari kualitas ayam anda, Perawatan ayam  dibedakan menjadi 2 jenis, perawatan rutin dan perawatan berkala. Perawatan rutin merupakan  perawatan yang dilakukan sehari-hari oleh  si pemilik , sedangkan perawatan berkala adalah perawatan yang dilakukan untuk mempersiapkan ayam  sebelum berlaga atau perawatan untuk memulihkan kondisi fisik ayam  setelah di adukan.  Di kesempatan kali ini, kita akan mengulas tentang cara perawatan harian  ayam bangkok  aduan yang  rutin dilakukan sehari-hari.



Merawat Ayam Bangkok harian

Tak seperti ayam biasa lainnya , ayam bangkok aduan perlu dirawat secara spesial dan  khusus setiap harinya. Perawatan  harian bertujuan agar ayam bangkok aduan kita selalu ada dalam kondisi prima, sehat  dan terbebas dari segala penyakit , agar kondisi ayam  prima dan tetap terjaga,  anda perlu melakukan perawatan dasar seperti mandi, penjemuran, latihan, istirahat, serta pemberian pakan dan suplemen / vitamin yang perlu diberikan sehari-harinya.

Baca Juga : 5 Hal Penting Dalam Merawat Ayam Bangkok

6 Hal Penting Dalam Perawatan Harian Ayam Aduan


1. Memandikan ayam

Cara merawat ayam bangkok aduan  yang paling utama adalah ia harus dimandikan setiap hari. Mandi dilakukan ketika  pukul 6 – 7  pagi menggunakan air  yang bersih. Memandikan ayam sangat penting dilakukan untuk menjaga kesegaran dan kesehatan si ayam . Bagi Anda yang masih pemula, belajarlah pada senior penghobi ayam aduan di kampung Anda, tentang bagaimana caranya memandikan ayam bangkok yang bersih dan  benar.

2. Pengumbaran  ayam aduan

Setelah ayam dimandikan biasakan untuk mengumbar ayam pada tempat yang bersih , letakan ayam di dalam kandang umbaran untuk mengeringkan tubuh si ayam . Jangan meletakan ayam di dalam kurungan karena akan membuatnya tidak bebas mengepakan sayapnya yang basah. Biarkan ayam berada dalam kandang umbaran hingga benar benar badanya kering , dan kalau perlu hinnga sore  agar si ayam bebas bermain ke sana kemari.

3. Olahraga

Usahakan agar ayam di berikan waktu untuk berolahraga karena ayam juga perlu meningkatkan kesehatan tubuhnya, anda bisa membiarkan ayam berlari lari kecil  bila perlu Ayam bangkok aduan sesekali harus berinteraksi dengan ayam-ayam lainnya. Oleh karena itu, Jangan terlalu dikurung dalam kandang saja.

4. Istirahat

Setelah seharian berada di kandang umbaran, sekitar  pukul 4.00 sore ayam harus segera di masukan ke dalam kandang utama. Istirahatkan tubuhnya agar jangan sampai mengalami kecapean . Beri pakan dan minum sesuai dengan umur si ayam  dan biarkan isi ayam beristirahat, dengan beristirahat dapat memulihkan kembali energi si ayam.

5. Memberikan Suplemen

Selain  membutuhkan pakan dan minum  yang cukup, agar tetap sehat, ayam aduan  anda juga membutuhkan suplemen sebagai asupan  tambahan. Berikan si ayam multivitamin B kompleks setiap  dua hari sekali, gula merah dan tomat juga bisa  anda berikan sebagai suplemen alami penunjang kekebalan tubuhnya.

6. Latihan

Dengan memberikan latihan kepada si ayam dapat membuat si ayam lebih siap dan bermental kuat, usahakan memberikan latihan rutin sekitar 4-5 hari sekali, tujuan latihan dengan ayam lain dapat membuat ayam anda lebih berotot  dan lebih siap menghadapi pertarungan lainnya.

ayam  Bangkok memang dikenal sebagai ayam  petarung,  Anda juga dapat memberikan beberapa ramuan khusus yang harus disesuaikan dengan kebutuhan si ayam . Ramuan-ramuan yang bisa dibuat sendiri tersebut, Demikianlah beberapa cara merawat ayam bangkok harian yang harus dilakukan rutin setiap harinya. Tapi bagi para penghobi rutinitas ini tentu sudah menjadi kewajiban yang mungkin menyenangkan bagi si penghobi. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel