Cara Merawat Ayam Aduan Atau Bangkok Dari Kecil yang Benar

Mbayuli.Com - Hallo sobat Ketemu lagi ya di mbayuli.com gimana kalian sehat kan jangan sakit-sakit ya sakit gak enak tahu hehe, ok artikel kali ini seputar Ayam yaitu Cara merawat ayam aduan dari kecil ,silahkan sobat simak ya.


Cara Merawat Ayam Aduan Dari Kecil - Anakan Ayam bangkok istimewa  bisa diperoleh dari keturunan indukan ayam bangkok asli trah juara. Namun, anakan ayam Bangkok trah juara jumlahnya nya tak banyak dan harganya pun pasti mahal namun jangan khawatir , anda bisa mendapatkan kualitas anak  ayam aduan dari kecil , caranya dengan melakukan perawatan ,  Perawatan menjadi kunci kedua yang menentukan kualitas anakan ayam ketika besar nanti.

Anakan Ayam bangkok istimewa  bisa diperoleh dari keturunan indukan ayam bangkok asli trah juara. Namun, anakan ayam Bangkok trah juara jumlahnya nya tak banyak dan harganya pun pasti mahal namun jangan khawatir , anda bisa mendapatkan kualitas anak  ayam aduan dari kecil , caranya dengan melakukan perawatan ,  Perawatan menjadi kunci kedua yang menentukan kualitas anakan ayam ketika besar nanti.

Perawatan anakan  ayam ketika masih kecil menjadi sangat penting karena di sinilah awal mula  ayam-ayam aduan yang berkualitas di rawat sejak kecil. Berikut ini  saya akan menjelaskan sedikit pengetahuan mengenai bagaimana cara merawat anak ayam bangkok  atau anak ayam aduan dari kecil yang tepat sehingga dapat tumbuh besar dengan cepat dan berkualitas .

Perawatan anak ayam  aduan yang selama ini  banyak orang lakukan tidak pernah lepas dari 5 aspek utama . Kelima aspek tersebut  diantaranya kandang, pakan, suplemen, mencabut bulu, dan pemeliharaan intensif dalam kandang.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Pleci


Cara Merawat Ayam Aduan Dari Kecil


Bagi anda yang penasaran akan cara merawat ayam aduan dari kecil , silahkan simak ulasannya di bawah ini :

1. Kandang Anak Ayam  aduan.

Hal yang paling   pertama yang perlu diperhatikan dalam cara merawat anak ayam aduan yang baru lahir sekitar usia 1-2 hari  adalah kandang nya, Anak ayam aduan  yang baru lahir hingga usia 3 hari  biasanya masih dalam kondisi  yang kritis dan rentan mati. Perawatan pada masa-masa kritis  tersebut harus dilakukan secara intensif untuk  menghindari kematian anakan ayam.

Perawatan anakan  ayam aduan yang  baru lahir , yang  paling terpenting adalah dengan menjaga suhu kandangnya  agar  tetap hangat dan cepat  beradaptasi dengan lingkungan baru,Menjaga suhu kandang secara alami merupakan tugas dari induk babon ayam. Anda juga bisa menggunakan lampu bohlam untuk menjaga suhu kandang anak ayam aduan anda,. Mengatur suhu menggunakan bohlam juga ada teknik tersendirinya , biasanya, dengan ukuran kandang postal standar ,  ada baiknya  menggunakan bohlam 5 watt saja.

Selain suhu, faktor penting  kandang anakan ayam aduan yang perlu untuk diperhatikan adalah sirkulasi udaranya,  Untuk kandang anak ayam aduan yang baru lahir, sebaiknya dinding kandang mempunyai  rongga yang lebih rapat untuk mencegah  masuknya aliran udara secara langsung. Aliran udara yang masuk secara  langsung dapat membuat anak ayam mati karena bibit penyakit dari luar yang masuk.

2. Pakan

Masalah pakan merupakan hal yang paling penting yang harus kita perhatikan, Beberapa orang beranggapan bahwa anak ayam aduan pada usia 1-2 hari, anak ayam sebaiknya cukup diberikan air saja. Kebutuhan  ayam masih  bisa terpenuhi oleh kuning telur yang menempel pada bulu-bulunya.  Anda juga Bisa memberikan  pakan berupa pur bisa diberikan dalam jumlah yang sewajarnya., pakan pur juga bisa dicampur dengan bekatul perbandingannya  4:1.

3. Memberikan  Suplemen Tambahan pada anak ayam aduan

Ketika anak ayam aduan menginjak usia 1 bulan, anak ayam kecil bisa diberi pakan dengan komposisi yang berbeda. Para peternak ayam  aduan  biasanya menggunakan campuran pakan berupa pur dengan susu bubuk bayi dengan perbandingannya kurang lebih  5 : 1.

Susu bubuk yang diberikan pada anak ayam aduan  usia 1-4 bulan  dapat berpengaruh besar terhadap pembentukan tulang, otot, bulu dan bagian  lain, bahkan penggunaan susu bubuk bekas atau yang sudah kadaluarsa juga masih aman untuk diberikan.

4.  mencabut Bulu

Bulu yang tumbuh pada anak ayam aduan bisa  menghabiskan banyak porsi gizi dari makanan yang dimakanannya. Oleh sebab itu, jika Anda ingin anak ayam  aduan  Anda cepat tumbuh besar,  ada baiknya potong dan buanglah sebagian dari bulu anak ayam anda, Bagian bulu yang sudah bisa  dipotong pada usia 3 minggu ,  seperti  bulu pada sayap dan ekor.

 Ketika usianya sudah beranjak 2 bulan atau setelah bulu punggung dan bulu lehernya mulai rontok, bulu  yang tersisa harus segera dicabut juga, seperti  pada bagian dada dan pahanya. Pencabutan bulu ini selain mampu  mengoptimalkan serapan makanan untuk pertumbuhan.

5. Perawatan yang Intensif

Perawatan anak ayam  aduan hingga usia 6 bulan atau sampai dengan bulu rawis dan leher barunya tumbuh,  sebaiknya cukup di masukan ke dalam kandang saja. Hal ini  bertujuan untuk menghindari hilangnya energi ayam karena terlalu banyak bermain dan bergerak, Energi yang seharusnya digunakan untuk pertumbuhannya  bisa cepat hilang bila ia sering diumbarkan, jika ingin mengumbarnya, berikanlah waktu  kkurang dari 30 menit setiap harinya, dan di umur yang sudah cukup lumayan ini anda harus mengintensifkan perawatan seperti memberikan latihan atau separing , namun latihan jangan terlalu sering cukup sebagai sebuah pemanasan saja.

Demikianlah beberapa tips dan cara yang bisa  anda lakukan untuk merawat anak ayam bangkok aduan anda agar cepat besar. Semoga dapat bermanfaat dan bisa di terapkan oleh anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel