6 Resiko Wanita Yang Melahirkan di Usia di Bawah 20 Tahun | Mbayuli.Com

Mbayuli.Com - Hallo sobat ketemu lagi ya di mbayuli.com gimana kabarnya ? sebelumnya mbayuli.com membahas artikel resiko ibu hamil usia dini dan kali kali ini mbayuli.com akan membahas Resiko Wanita Yang Melahirkan di Usia di Bawah 20 Tahun ok silahkan sobat simak ya.


Resiko Wanita Yang Melahirkan di Usia di Bawah 20 Tahun - Bagi beberapa orang yang batu pertama kali hamil memang sangat menggembirakan pasalnya sebentar lagi akan mempunyai seorang bayi yang di tunggu tunggu kehadirannya,  terutama bagi yang calon ibu yang menikah muda di bawah umur 20  tahun, memang banyak faktor terjadinya pernikahan di kalangan muda mudi di bawah umur 20 tahun, bisa faktor seks bebas dan hamil di luar nikah, faktor tradisi , di jodohkan dan faktor faktor lainnya.

Resiko Wanita Yang Melahirkan di Usia di Bawah 20 Tahun - Bagi beberapa orang yang batu pertama kali hamil memang sangat menggembirakan pasalnya sebentar lagi akan mempunyai seorang bayi yang di tunggu tunggu kehadirannya,  terutama bagi yang calon ibu yang menikah muda di bawah umur 20  tahun, memang banyak faktor terjadinya pernikahan di kalangan muda mudi di bawah umur 20 tahun, bisa faktor seks bebas dan hamil di luar nikah, faktor tradisi , di jodohkan dan faktor faktor lainnya.

Memang banyak hal yang harus di pertimbangkan ketika akan menikah muda, namun hal yang paling harus di perhatikan adalah kesiapan si wanita, ya ini merupakan faktor pendukung yang paling penting selain akan mengarungi jalannya rumah tangga , si wanita juga akan menjadi calon ibu, namun apa rasanya ketika si ibu masih muda dan masih berumur di bawah 20 tahun?, dan apakah si wanita akan siap ketika mengandung dan ketika siap untuk mempunyai seorang anak ?

Baca Juga : 8 Resiko Ibu Hamil di Usia Dini Yang Perlu Kamu Tahu


Resiko Wanita Yang Melahirkan di Usia di Bawah 20 Tahun


Menurut  Survei  Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun lalu , 10-13 persen remaja berusia 15—19 tahun di Indonesia telah menjadi seorang  ibu. Padahal, hamil di usia tersebut memiliki banyak resiko, lalu apa saja resiko wanita yang melahirkan di bawah umur 20 tahun, beberapa resiko yang bisa di alami :

1. Risiko abortus atau keguguran lebih besar.

 Belum siapnya seseorang wanita terhadap kehamilan sangat memengaruhi kondisi ini. Resiko keguguran lebih besar terjadi pada wanita yang belum matang untuk siap  melahirkan di banding seorang wanita yang sudah dewasa,  bahkan sudah banyak kasus wanita yang hamil di luar nikah menggugurkan kandungannya, seperti melakukan pengguguran tanpa indikasi medis tertentu, Hal ini  dapat membahayakan nyawa  si ibu dan bahkan dapat menyebabkan berbagai kecacatan di Rahim dan hal ini dapat menyebabkan si ibu tidak bisa melahirkan lagi.

2. Hipertensi.

hipertensi kehamilan dan preeklamsia sering terjadi karena kurangnya kemampuan adaptasi Rahim  si ibu  dalam menerima pembuahan. Dampaknya, janin  bisa tidak diterima secara keseluruhan sehingga  dapat menyebabkan kondisi yang sering disebut dengan keracunan dalam kehamilan atau biasa di sebut dengan preeklamsia

3. Bayi lahir prematur.

Meningkatnya kelahiran bayi  prematur  di sebabkan oleh kondisi bayi dengan berat badan lahir rendah. hal ini tentunya dapat berdampak terhadap bayi, baik dalam jangka pendek seperti gangguan pencernaan hingga pernapasan ,sampai  jangka panjang.

4. Berat bayi lahir rendah (BBLR).

Kondisi kelahiran seperti  ini kerap di sebabkan oleh kurang matangnya alat reproduksi dan kurangnya kepedulian dalam menjaga kehamilan, juga dapat  mengakibatkan berbagai kelainan,).

5. Ibu mengalami  baby blues (penelataran)

Kurang siapnnya mental si ibu serta adaptasi terhadap lingkungan baru dan tanggung jawab baru setelah melahirkan, dapat memicu terjadinya baby blues kondisi ini sering terjadi usaha penelantaran anak dan masalah lainnya.

6. Risiko kematian

Dengan adanya risiko-risiko yang sudah dii sebutkan kan sebelumnya, semua risiko tersebut dapat meningkatkan risiko kesakitan dan kematian ibu maupun kematian si janin. Mengapa risiko komplikasi  bisa saja terjadi pada wanita yang mengandung di usia yang masih sangat muda ,Pasalnya wanita yang mengandung di  bawah usia 20 tahun,  umumnya belum siap atau belum cukup matang untuk menghadapi persalinan .

Demikian lah beberapa resiko yang bisa terjadi bagi wanita yang hamil di bawah usia 20 tahun, ada baiknya kita mempersiapkan segala sesuatunya agar resiko tak terjadi pada kita, semoga informasi tentang resiko melahirkan usia di bawah 20 tahun dapat bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel