Inilah Waktu Berapa Hari Telur Ikan Cupang Akan Menetas

Mbayuli.Com - Mbayuli.Com Hallo sobat ketemu lagi ya di mbayuli.Com gimana kabarnya nih sehat kan jangan sakit-sakit ya sakit gak enak tahu hehe, ok artikel kali ini yaitu Berapa hari Telur Ikan Cupang Menetas nah silahkan sobat simak ya.

penetasan telur ikan cupang penetasan telur ikan cupang bertujuan untuk menetaskan telur ikan cupang cara menetaskan telur ikan cupang berapa hari penetasan telur ikan cupang cara mempercepat penetasan telur ikan cupang bagaimana proses penetasan telur ikan cupang bagaimana cara menetaskan telur ikan cupang cara cepat menetaskan telur ikan cupang terangkan proses terjadinya penetasan telur ikan cupang jelaskan tujuan penetasan telur pada pemijahan ikan cupang berapa lama proses penetasan telur ikan cupang cara penetasan telur ikan cupang

Berapa hari Telur Ikan Cupang Menetas - Sebenarnya Berapa hari telur ikan cupang menetas ?  ini merupakan salah satu  pertanyaan yang sering ditanyakan ketika kamu baru pertama kali belajar memijahkan ikan cupang.



Jika kamu ketahui ada 2 cara Ikan cupang memijah yaitu ikan cupang yang menyimpan telurnya di sarang gelembung (Bubble Nest Breed)  dan  jenis ikan cupang yang menyimpan telurnya di mulut ( Mouth Brooder¬)  Setelah telur  dikeluarkan dari perut  apapun jenisnya ikan cupang  tetap membutuhkan waktu yang sama untuk menetas.

Setelah melakukan perkawinan, telur ikan cupang akan disimpan di dalam mulut oleh ikan cupang jantan, penyimpanan telur ikan tergantung dari  jenisnya. Telur ikan cupang akan disimpan dan akan menetas dalam kurun waktu 1 – 2 hari  saja atau bisa juga sampai 3 hari,  Setelah  telur ikan cupang menetas pejantan akan tetap menjaga bayi ikan  dari serangan predator,  Penjagaan  oleh ikan cupang jantan dilakukan hingga 1 minggu sampai bayi  ikan atau burayak  ikan ini dapat mencari makan sendiri.

Baca Juga : 10 Makanan Ikan Cupang Yang Baik Untuk Perkembangan ikan Cupang

Yang harus kamu  perhatikan dalam perkawinan ikan cupang adalah  kamu harus memisahkan cupang betina dari telur dan anaknya,  karena induk cupang betina berpotensi akan memakan telur maupun anak ikannya sendiri.

Ciri - ciri telur ikan cupang  yang akan menetas adalah telur ikan cupang  yang bila dilihat dari dekat terlihat jelas  berisi ikan,  ikan cupang yang baru  menetas akan berwarna putih dan bulat namun setelah 2 - 3 hari akan terlihat  jelas.

Penetasan Telur cupang dan Burayak cupang.

Telur ikan cupang akan menetas dalam waktu paling lama 2 x 24 jam, ketika burayak ikan cupang menetas, burayak ikan cupang belum dapat berenang dan hanya mengambang di permukaan air saja . Bentuk anakan ikan cupang akan terlihat  transparan. Pada kondisi  awal belum bisa berenang dan membutuhkan induk jantan untuk menjaganya ,  induk  ikan cupang jantan  sangat berperan untuk mengambil burayak yang tenggelam dan membawanya ke permukaan air agar bisa mendapatkan oksigen untuk bernafas.

Anak Ikan Cupang

Anakan ikan cupang  jika masih berbentuk burayak belum  bisa diberi makan,  karena burayak ikan masih memiliki asupan energi sendiri  yang  berasal dari sisa telur yang masih melekat pada burayak.  Setelah  anakan ikan cupang  berusia dua hari sampai tiga hari  barulah burayak boleh di beri makan.
Kamu boleh  memberi  kuning telur dalam jumlah  sedikit , tidak boleh berlebihan karena dapat mengotori air  dan dapat membunuh anakan ikan cupang, Pemberian pakan kedua  bisa dengan memberikan pakan alami yang berasal dari air rendaman daun ketapang, air rendaman daun ketapang biasanya akan muncul plankton plankton kecil  yang bisa dimakan oleh burayak. Ukuran planton ini sangat kecil sehingga sangat susah di lihat oleh mata telanjang.

Kolam Pemeliharaan dan Pembesaran  Anak Ikan Cupang

Ketika usia burayak ikan lebih dari 5 hari , Induk jantan cupang sudah boleh dipisahkan agar induk ikan cupang jantan tidak memakan anak-anakan, burayak Ikan cupang sudah mulai berbentuk dengan anggota tubuh  yang terlihat lengkap namun pada kondisi ini ikan cupang belum terlalu aktif.
Kalu bisa kamu angan mengganti air cupang sebelum usianya lebih  7 hari dan  pada usia segini ada baiknya kamu tidak boleh memberi pakan kutu air, karena di takutkan anakan ikan yang masih sangat kecil bisa di mangsa oleh kutu air, bahkan beberapa peternak ikan cupang terkadang tidak mengganti air sampai dengan 2 minggu lamanya, karena setelah lebih dari 2 minggu anakan ikan cupang sudah di katakan siap untuk di pisahkan ke dalam media pembesaran.

Demikianlah beberapa informasi dan penjelasan tentang berapa hari telur ikan cupang akan menetas, semoga informasi yang ada di atas dapat bermanfaat dan dapat kamu terapkan dalam budidaya ikan cupang. Selamat mencoba dan semoga berhasil  !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel