Properti Tari Jaipong Yang Belum Banyak Orang Tahu

Mbayuli.Com - Hallo sobat ketemu lagi ya di mbayuli.com gimana kalian sehat kan jangan sakit-sakit ya sakit gak enak tahu hehe, ok artikel kali ini yaitu properti tari jaipong, silahkan sobat simak ya.

sumber gambar:https://www.goodnewsfromindonesia.id
Properti Tari Jaipong - Tari jaipong merupakan seni tari yang berasal dari provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jaipong menjadi salah satu tarian khas suku Sunda. Gerakanya yang indah menjadikan tari jaipong disukai banyak orang, bahkan wisatawan asing pun banyak yang menyukai dan mempelajari tari jaipong.

Baca Juga : Pengertian Properti Tari

Dilansir dari beberapa sumber, tari jaipong pertama kali diciptakan oleh H Suanda, dan diperkenalkan kepada publik oleh Gugum Gumbira. Keseluruhan gerak tari jaipong cukup enerjik dan menampilkan sisi kegembiraan, serta hiburan.

Sedikit cerita, pada tahun 1976 H Suanda menggabungkan kesenian ketuk tilu, pencak silat, dan wayang golek untuk menciptakan kesenian baru. Akhirnya, lahirlah seni tari baru yang unik dan belum ada sebelumnya.

Sebelumnya, tari jaipong belum terkenal seperti saat ini. Namun, setelah Gugum Gumbira (seniman sunda) mempelajari dan memperkenalkan tari ini pada khalayak luas, tari jaipong menjadi populer dan disukai banyak orang.

Pertunjukan jaipong biasanya diiringi lagu/tembang yang dibawakan oleh seorang sinden. Dan bunyi dari alat musik berupa gendang dan gong untuk menghasilkan nada yang indah.

Khususnya di Jawa Barat, tari jaipong berfungsi sebagai media komunikasi dan sosialisasi antar masyarakat. Karena, setiap ada pementasan tari jaipong semua orang turut hadir dan berpartisipasi dalam meramaikan pertunjukan. Baik sebagai penonton, atau ikut menari.

Selain itu, jaipong juga menjadi sarana hiburan dikalangan masyarakat Jawa Barat. Baik hiburan pribadi, saat ada acara seperti pernikahan, khitanan, atau acara lain. Atau hiburan umum, seperti menjadi selingan diacara wayang golek.

Secara umum, tari jaipong setidaknya memiliki empat gerakan. Yakni bukaan, yang merupakan gerak pembuka sebelum pertunjukan. Penari jaipong akan berputar dan memainkan selendang (sampur).

Setelah bukaan, dilanjutkan dengan gerakan pencungan. Gerakan ini diwarnai suasana semangat dan penuh energi. Ditandai dengan tempo musik yang cepat.

Ketiga, ada gerakan ngala. Gerakan ini dilakukan dengan tempo yang cukup cepat, namun dengan gesture (gerak tubuh) sedikit patah-patah.

Terakhir, ada gerakan mincit. Mincit merupakan gerakan perpindahan antara satu gerak dengan gerak lain, yang dilakukan setelah gerakan ngala.

Dalam pementasan tari jaipong, ada beberapa properti yang biasa digunakan oleh para penari. Properti ini ada dan digunakan di hampir seluruh pementasan tari jaipong.

Berikut informasi mengenai properti yang digunakan pada pementasan tari jaipong.

Apok

Sekilas hampir mirip dengan kebaya, apok merupakan pakaian penari jaipong. Biasanya apok dihiasi bordiran bermotif bunga. Apok sendiri menjadi ciri khas penari jaipong.

Sinjang

Jika apok adalah atasan (baju) maka sinjang merupakan bawahan yang digunakan para penari jaipong. Sinjang merupakan sejenis celana panjang yang menjadi pasangan serasi dari apok.

Sampur

Sampur merupakan pakaian sejenis selendang yang digunakan dileher penari jaipong. Sampur berbahan dasar kain, dan menjadi properti sekaligus ciri khas tari jaipong.

Tari jaipong merupakan budaya bangsa yang harus dijaga kelestarianya. Tugas kita sebagai generasi muda untuk mempelajari dan memahami tari jaipong, atau tari tradisional lain agar tetap terjaga. Jangan sampai anak cucu kita tidak tahu tari tradisional, dan harus pergi ke luar negeri hanya untuk belajar tari tradisional.

Miris rasanya melihat wisatawan asing lebih antusias mempelajari tari jaipong, dibandingkan dengan masyarakat itu sendiri.

Cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel