Tips Memilih Jurusan SBMPTN atau Perguruan Tinggi Negri

Mbayuli.Com - Hallo sobat ketemu lagi ya di mbayuli.com gimana kalian sehat kan jangan sakit-sakit ya karena sakit itu gak enak tahu heehe nah artikel kali ini yaitu Tips memilih jurusan di SBMPTN  silahkan sobat simak ya.

sumber gambar Wikipedia

PTN atau Perguruan Tinggi Negeri dipilih oleh banyak orang sebagai tempat melanjutkan pendidikan, khususnya setelah lulus jenjang SLTA. Salah satu cara untuk masuk ke perguruan tinggi negeri adalah melalui jalur SBMPTN. Meskipiun ada beberapa jalur lain seperti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), atau jalur mandiri, namun SBMPTN tetap dipilih ribuan atau bahkan jutaan pelajar setiap tahunya.

Baca Juga : Pendaftaran Online Loker Astra Igp Pulo Gadung

SBMPTN sendiri merupakan serangkaian tes, baik untuk menguji potensi akademik atau non-akademik siswa sebelum masuk PTN. Jika nilai yang didapat sesuai standar, maka pelajar dinyatakan lulus. Secara umum, SBMPTN dibagi kedalam dua kategori/jurusan. Yakni SAINTEK (SAINS dan Teknologi) dan SOSHUM (Sosial dan Hukum). Untuk SAINTEK, beberapa mata pelajaran yang diuji seperti Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sedangkan SOSHUM, biasanya dihadapkan dengan pelajaran Matematika, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

Sebelum mengikuti SBMPTN, sebaiknya anda tentukan terlebih dahulu jurusan yang dipilih. Tujuanya, agar tidak tertekan saat melaksanakan ujian, dan meminimalisir salah memilih jurusan. Berikut beberapa Tips Memilih Jurusan SBMPTN.

Ketahui Dulu Bakat/Potensi Pada Diri Anda

Sebelum mendaftar untuk mengikuti SBMPTN, cobalah untuk mengenali terlebih dahulu bakat/potensi pada diri anda. Mulailah dengan mencari tau mata pelajaran apa yang paling anda sukai, atau hal apa yang menjadi hobi anda. Hal ini akan membantu menentukan jurusan yang harus diambil. Sebagai contoh, jika anda suka akan teknologi dan cukup menyukai matematika, anda bisa mencoba masuk ke SAINTEK. Nantinya, anda bisa memilih jurusan Teknik Informatika, atau jurusan lain.

Tentukan Jurusan Prioritas

Setelah mengetahui potensi/bakat, coba buat daftar jurusan mana yang akan anda pilih dan menjadi prioritas utama. Selain jurusan, anda juga harus menentukan PTN mana yang akan jadi tempat menuntut ilmu. Jangan lupa, selain membuat daftar prioritas, buat juga daftar alternatif pilihan lainya. Dalam hal ini, tidak ada salahnya anda meminta pendapat teman atau keluarga. Namun, untuk keputusan akhir tetap harus berada di tangan anda sendiri.

Satu hal yang penting, dalam memilih jurusan jangan asal-asalan, atau sekedar ikut-ikutan orang lain. Karena, jika jurusan yang anda pilih tidak sesuai dengan minat dan potensi akan menimbulkan tekanan tersendiri.

Yakin dan Percaya Dengan Pilihan

Setelah menentukan pilihan jurusan di SBMPTN, langkah terakhir adalah anda harus yakin terhadap keputusan yang diambil. Yakinlah bahwa keputusan yang anda ambil adalah yang terbaik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel