Amalan 10 Hari Pertama Bulan Zulhijah

Amalan Di 10 Hari Pertama Zulhijah


Mbayuli.Com - Hallo akhwat/ukhty bagaimana kabarnya sehat kan jaga kesehatnnya ya , berjumpa lagi di blog Mbayuli.Com Blog islami masa kini.

Kali ini mbayuli.Com akan membuat artikel bertemakan apasih Amalan di 10 hari pertama Zulhijah. Aepuluh hari pertama bulan zulhijah ,seringkali di katakan sebagai sepuluh hari terbaik dalam setahun unruk melakukan lebih banyak lagi amalan dalam bentuk ibadah lainnya.

nabi muhammad


Nabi Muhammad saw, juga mengatakan tetang sepuluh hari pertama Zulhijah, "Tidak ada hari dimana suatu amal saeh lebih di cintai Allah melebihi amal saleh yang di lakukan di hari-hari ini (Sepuluh Hari Pertama Zulhijah)." [HR. Bukhari]

Baca Juga : Keutamaan Shalat Tarawih

Berikut ini adalah amalan yang di gandakan atau di lipatgandakan pahalanya jika di lakukan dalam sepuluh hari pertama zulhijah.

Dzikir

Mengingat dan melantunkan asma Allah adalah salah satu amalan yang harus kita lakukan selama 10 hari pertama Dzulhijjah.

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam berkata:" tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi allah dan amal saleh didalamnya lebih dicintai olehnya dari pada hari 10 hari tersebut, arena itu perbanyaklah tahlil il (lailahailallah), takbir (allahu Akbar), dan Tahmid(alhamdulillah) di dalamnya."[HR.Ahmad].

Shalat dan doa

Selama 10 hari pertama Dzulhijjah, kita harus berusaha lebih sering melakukan salat sunnah dan berdoa. Doa yang kita panjatkan terutama akan diterima Allah ah saat berpuasa, terutama di waktu sebelum sahur dan tepat sebelum berbuka puasa.

Nabi Muhammad shallallahu Alaihi Wa Sallam berkata," sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah."[HR. Tirmidzi dan Malik].

Membaca Alquran

Membaca Quran adalah bentuk terbaik dari berdzikir. Bacalah Alquran sebanyak mungkin dalam 10 hari pertama Dzulhijjah, siang dan malam. Bahkan walaupun hanya satu ayat setiap hari. Tingkatkan bacaan Quran dengan menambah beberapa menit atau beberapa halaman saat melakukan rutinitas membaca Quran.

Bertaubat Dengan Tulus

Manfaatkan hari-hari penuh rahmat ini untuk meminta ampunan kepada Allah atas segala kesalahan kita.

" maka Adapun orang yang bertobat dan beriman, serta mengerjakan kebajikan, maka mudah-mudahan dia beruntung "[Al-Qasas 18;67]

Sedekah

Allah berjanji untuk memberi ampunan atas dosa-dosa bersedekah dan memberi bantuan kepada sesama yang miskin dan membutuhkan. Sedekah bisa kita berikan dalam bentuk uang atau barang secara langsung atau lewat donasi online. Ingatlah, bahkan Seuntai senyuman saja juga sudah dianggap sebagai sedekah.

Takbir 

Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad mengatakan," tidak ada hari dimana suatu Amal saleh lebih dicintai Allah melebihi amal saleh yang dilakukan di 10 hari ini. Jadi Perbanyaklah membaca tahlil, takbir, Dan Tahmid pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah ini."[HR. Ahmad]

Puasa

Dikenal dalam bahasa Arab sebagai yawm arafah, berpuasa terutama dianjurkan untuk dilakukan pada hari ke-9 dzulhijjah, di mana ini adalah hari Arafah yang penuh berkah. Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam terbiasa berpuasa dan 9 hari pertama Dzulhijjah [ Al-Nisai dan Abu Daud].

Seperti yang diriwayatkan abu qatadah, terkait hari Arafah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam berkata " puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang." [Muslim]

Kurban

Hari ke-10 dzulhijjah adalah hari raya Idul Adha atau hari berkurban dan menandai Puncak perayaan ibadah haji. Korban ini dilakukan untuk memperingati peringatan perintah Allah terhadap Nabi Ibrahim Alaihissalam, abdi a memberikan domba untuk dikurbankan sebagai tebusan pengganti anak lelakinya.

Nabi muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam mengatakan," tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari raya kurban yang lebih dicintai oleh Allah dari mengalirkan darah. Sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk tanduknya, kupu-kupunya, dan bulu-bulunya. Sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Sebelum jatuh ke tanah." [HR. Tirmidzi, Ibnu Majah]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel