Indahnya Berqurban di Tengah Pandemi

Indahnya Berqurban di Tengah Pandemi 


Mbayuli.Com - assalamualaikum Ukhty dan Akhwat bagaimana kabarnya semoga selalu dalam lindungan Allah ya, tema kali ini yaitu Qurban ya.

idul adha


Ada yang berbeda Dari Idul Adha tahun ini. Pandemi ini yang melanda seluruh dunia membuat pelaksanaan ibadah haji tahun ini ditunda. Dilakukan demi mengurangi tingginya resiko penyebaran wabah dan menjaga keselamatan bersama.

Baca Juga : Amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijah

Kendati batal dan tak dapat berangkat ke tanah suci, di bulan yang penuh berkah, umat muslim masih dapat menunaikan ibadah lain yang juga melimpah pahala: Berkurban.

Aisyah radhiallahu Anhu meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam mengatakan:

" tidak ada satu amalan manusia pada hari raya Qurban yang lebih dicintai Allah selain menyembelih hewan kurban. Sungguh nya hewan kurban itu kelak di Hari Kiamat akan datang beserta tanduk tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Sebelum darahnya menyentuh tanah, pahalanya telah diterima di sisi Allah. Untunglah kalian dengan kurban itu." ya Allah Ya Malik (HR.Tirmidzi)

Kurban berasal dari bahasa arab, " Qurban" yang berarti dekat. Dalam islam, Kurban kurban juga di sebut dengan al-udhhiyah dan adh-dhahiyah yang berarti binatang (unta, sapi, dan kambing) yang di sembelih pada hari raya idul adha.

Berbagi dengan sesama

Berkurban saaat idul adha memang tak hanya tentang mnjalankan ibadah bagi diri sendiri. Berkurban juga merupakan momen berbagi dengan sesama yang kurang beruntung. terutama di masa pandemi ini tentunya banyak saudara kita yang mengalami kesusasahan.

Dalam kondisi yang serba terbatas , berkurban juga menjadi bentuk rasa syukur atas nikmat yang di berikan allah. melaksanakan qurban dengan penuh keikhlasan , insyaallah juga akan membukakan pintu rezeky yang lain dari Allah.

Semoga di masa pandemi ini membuat kita lebih bersyukur dengan apa yang telah terjadi dan menjadikan kita menjadi muslim yang lenbih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel