APAKAH MEMBACA AL-QUR'AN TETAP BERPAHALA MESKIPUN TERBATA-BATA

APAKAH MEMBACA AL-QUR'AN TETAP BERPAHALA MESKIPUN TERBATA-BATA

Saudaraku, tidak ada bacaan yang lebih hebat di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Malaikat, dan Rasul-Nya selain Alquran yang berada di tanganmu. Bacalah ia, resapi setiap maknanya, hafalkan dan amalkan! Maka dengannya kita akan menjadi manusia yang paling beruntung.

Saking hebatnya, Al-Qur'an sebagai Al Mutaabbidu Bi Tilawatihi (hal yang dianggap beribadah bila membacanya). Ya, Anda akan disebut beribadah bila membacanya. Namun sayang, meski membacanya dianggap sebagai sebuah bentuk ibadah, apakah kita senang untuk membaca Al-Qur'an?

Baca Juga : 

Banyak kaum muslimin yang bangga telah membaca buku karangan si ini dan si itu. Mereka merasa intelek dan berwawasan luas bila telah menamatkan buku ini dan itu. Mereka pun tidak merasa berat untuk membayar tagihan koran atau majalah bulanan dalam berbagai model atau judul.

Mereka lahap semua bacaan itu, namun mereka lupa bahwa membaca itu semua tidak mendatangkan pahala apa pun di sisi Allah subhanahu wa ta’ala dan tidak dianggap sebagai sebuah bentuk ibadah. Malah mereka membiarkan Al-Qur'an teronggok di lemari mereka atau di rak buku. Lusuh dan berdebu yang menunjukkan bahwa ia jarang dijamah, apalagi dibaca.

Andai saja, mereka tahu apa yang dijanjikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang pahala membaca Al-Qur'an, niscaya mereka tidak akan menyia-nyiakannya lagi di kemudian hari.

Dari Abdullah Ibnu Mas’ud Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda,

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ ».

“Barang siapa membaca satu huruf dari kitabullah, maka baginya kebaikan dengan satu huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa, “Alif, lâm, mîm: satu huruf, tetapi alif satu huruf, lâm satu huruf dan mîm satu huruf.” (Hadits Riwayat At Tirmidzi)

Masyaallah! Satu huruf yang dibaca dari Alquran akan berbuah 10 pahala. Maka jika kita membaca Alif Laam Miim, Anda akan mendapatkan 30 pahala di sisi Allah.

Sementara tahukah Anda berapa huruf yang terdapat dalam lafal basmalah, surat Al Fatihah, dan seluruh Al-Qur'an? Kalau kita telah mengetahui keutamaan membaca Al-Qur'an ini, mengapa kita tidak bergegas untuk membacanya? Aturlah jadwal rutin untuk membacanya, sehingga kita akan terus dicatat sebagai orang yang suka membaca Al-Qur'an oleh para malaikat Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Namun memang ada sebagian orang yang mengeluh bahwa dirinya tidak pandai membaca Alquran. Lidah mereka kelu. Mulut mereka tak fasih dalam membacanya. Mereka merasa malu dalam umur yang telah mencapai bilangan tiga puluh, empat puluh, lima puluh tahun bahkan seterusnya, namun mereka lalai sewaktu muda, sehingga sudah setua itu mereka tidak mampu membaca Alquran.

Berbahagialah saudaraku, rasa malu seperti ini pun merupakan sebuah anugerah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala untukmu. Marilah belajar membaca Alquran. Janganlah sungkan. Kondisi yang tengah merundungimu ini pernah diprediksi oleh baginda Rasulullah.

Bila ada dari ummatnya yang berniat membaca Al-Qur'an meski bacaannya terbata-bata, maka ia akan mendapatkan pahala dua kali lipat dari orang yang membacanya dengan lancar.

Bukankah ini sebuah kabar gembira untukmu, wahai saudaraku? Bacalah kabar gembira dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untukmu:

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الماهر بالقرآن مع السفرة الكرام البررة والذي يقرأ القرآن ويتتعتع فيه وهو عليه شاق له أجران

‘Orang yang mahir membaca Al-Qur'an, maka nanti akan berkumpul bersama-sama para malaikat yang mulia lagi taat. Dan orang yang terbata-bata ketika membaca Al-Qur'an dan terasa berat baginya, maka ia akan mendapatkan dua pahala’.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Perhatikan bagaimana agama yang hanif ini begitu hebat mengapresiasi orang yang mau berusaha. Bagi mereka yang mau membaca Al-Qur'an dengan lancar akan mendapatkan pahala yang amat berharga.

Sedangkan manusia yang membacanya dengan terbata sekalipun, ia akan mendapatkan pahala berganda.. MasyaAllah! Berbahagialah, saudaraku!

Semoga Bermanfaat

Website 🌐 Askar Kauny

Picture 🎨 @Yunsriway

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel