MEMANFAATKAN SISA UMUR KITA

MEMANFAATKAN SISA UMUR KITA

Umur semakin bertambah, jangan biarkan dosa pun ikut bertambah.

Dan hayat semakin berkurang jangan biarkan iman pun berkurang.

Karena memang bertambahnya hari, bertambahnya tahun maka bertambah juga umur kita, dari yang 21 tahun menjadi 22 tahun, dari yang 50 tahun menjadi 51 tahun.

Tapi, semakin bertambahnya umur maka semakin berkuranglah jatah hidup kita, jika Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikan kita jatah 25 tahun dan sekarang 22 tahun maka 3 tahun lagi kita berada di dunia ini.

Baca juga :

Maka dari itu, manfaatkanlah sisa-sisa umur kita dengan sebaik-baiknya dengan beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan melakukan segala kebaikan sekecil apapun itu. Jangan biarkan semakin berkurang jatah umur kita semakin berkurang juga iman kita.

Jangan sampai juga kita membuang-buang sisa umur kita, karena membuang-buang waktu itu lebih buruk daripada kematian.

Ibnu Qayyim rahimahullah, berkata :

"Membuang-buang waktu lebih buruk daripada kematian. Karena kematian memisahkan kamu dari dunia ini. Sedangkan membuang-buang waktu memisahkan kamu dari Allah."

Seperti halnya waktu dalam satu hari itu ada 24 jam, dengan sama-sama waktu yang sama yaitu 24 jam tapi digunakan dengan hal yang berbeda.

Alangkah beruntungnya orang yang cerdas yang bisa memanfaatkan waktunya, sehingga tidak ada satu saatpun berlalu bernilai pahala.

Satu jam itu bisa bernilai pahala jika digunakan untuk kebaikan seperti halnya contoh : menggunakan untuk menuntut ilmu agama, berdzikir, bekerja, belajar, mengaji, nonton ceramah di youtube, membaca buku dan kebaikan lainnya.

Dan ada juga yang satu jam berlalu begitu saja seperti halnya contoh : menghibah orang, memfitnah orang, bermain game sampai lupa waktu, bermain hp sampai lupa waktu, nongkrong dijalan.

Memang semua orang punya hak dan kebebasan untuk menggunakan waktunya, tapi apakah kita menjadi orang yang beruntung yang bisa memanfaatkan waktu ataukah merugi yang membuang-buang waktu?

Muhasabah Diri

Penulis 📝 @Yunsriway

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel