MENDOAKAN KEBAIKAN BAGI ORANG LAIN

 MENDOAKAN KEBAIKAN BAGI ORANG LAIN

Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa berbuat baik dan mendoakan kebaikan, Dalam Al-Qur`an, banyak sekali Ayat yang berbicara tentang ihsan (berbuat baik). Dari sini kita dapat menarik satu makna, betapa mulia dan agungnya perilaku dan sifat ini, hingga mendapat porsi yang sangat istimewa dalam Al-Qur`an. Dan banyak juga dalil yang menganjurkan bahwa manusia harus berlomba-lomba dalam kebaikan.. 

Baca juga :

Berbuat baik dan mendoakan kebaikan itu sesungguhnya bukanlah buat siapa-siapa melainkan untuk diri sendiri, apabila kita berbuat baik dan mendoakan kebaikan pada sesama sebetulnya kita yang akan beruntung, bukan orang lain. Lantaran, segala tindak tanduk kita tidak lepas dari penilaian Allah. Sama halnya jika kita berbuat maksiat, akibatnya juga akan menimpa diri kita sendiri. 

Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :

"Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri. ” (Al-Qur'an Surah: Al-Isra’: 7)

Jadi jangan pernah takut untuk berbuat kebaikan dan mendoakan kebaikan pada orang lain. Karena setiap kebaikan yang dilakukan walau hanya sebesar dzarrah (kecil) kelak Allah akan membalasnya, begitu juga yang beramal kejelekan walau sekecil apapun kelak akan ada balasannya, karena semua tak lepas dari pengawasan.

Firman Allah Subhanhu Wa Ta'ala :

"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (Al-Qur'an Surah Al-Zalzalah: 1-8)

Semoga Bermanfaat

📝 @Yunsriway

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel