Orang Diam Bukan Berarti Sombong

 DIAM BUKAN BERARTI SOMBONG

id.pinterest.com

"Jangan menganggap diamnya seseorang sebagai sikap sombongnya, bisa jadi dia sedang sibuk bertengkar dengan dirinya sendiri."

(Sayyidina Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu).

Terkadang memang ada orang yang beranggapan bahwa orang yang pendiam itu sombong, acuh, jutek. Karena mungkin dia belum terlalu mengenal dan belum terlalu dekat.

Baca juga :

Tapi yang harus kita tahu, orang pendiam bukan berarti dia sombong, tapi dia memilih diam daripada berbicara sesuatu yang dianggapnya kurang penting, atau takut jika salah bicara dan menimbulkan sakit hati orang yang mendengarnya.

Dan bisa juga orang yang pendiam itu sedang menghadapi masalah, menahan amarahnya dengan diam. Daripada berbicara saling adu pendapat, saling mengadu emosi dan saling marah satu sama lainnya. Orang pendiam ini jika ingin berbicara saat ada masalah maka dia akan berbicara saat situasi sudah mulai tenang.

'Diam Itu Emas'. Karena lebih baik diam daripada berbicara panjang lebar tapi malah menyakitkan orang.

'Berkata Baiklah Atau Diam'. Jika tidak bisa berkata baik, jika tidak bisa memberikan solusi dan pendapat yang baik lebih baik diamlah. Karena mulutmu harimaumu, perkataanmu adalah cerminan dirimu, maka hati-hatilah dalam berbicara.

Wallahu A'lam

📝 @Yunsriway

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel