Tempat Shalat Wanita Di Rumah Lebih Utama

 Tempat Shalat Wanita Di Rumah Lebih Utama

Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُ مَسَاجِدِ النِّسَاءِ قَعْرُ بُيُوتِهِنَّ

“Sebaik-baik masjid bagi para wanita adalah di bagian dalam rumah mereka.”

(Hadits Riwayat. Ahmad, 6: 297. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan dengan berbagai penguatnya).

Tempat yang paling baik untuk wanita shalat adalah dirumah. Hal ini terkadang menuai kegelisahan bagi kaum perempuan. Di satu sisi, mereka bersemangat untuk shalat ke masjid. Fenomena di berbagai masjid, jamaah perempuan selalu mayoritas dibanding jamaah laki-laki. Sementara ketika mereka ingin shalat ke masjid, ada anjuran agar mereka lebih utama untuk shalat di rumah saja. Tetapi bukan berarti Wanita harus dikurung sepanjang hari atau bahkan selamanya didalam rumah.

Baca juga :

Menurut Para ulama yang tergabung dalam Lajnah Daimah Flil Ifta berkata,

“Tidak wajib bagi wanita menunaikan shalat fardhu yang lima dengan cara berjamaah. Shalatnya di rumah lebih baik baginya dibanding shalatnya di masjid. Apakah shalat fardhu atau sunah. Akan tetapi, jika dia ingin shalat di masjid, jangan dilarang dengan catatan dia melakukan adab Islam saat keluar untuk shalat, misalnya keluar dengan menutup aurat, tidak memakai wewangian dan shalat di belakang laki-laki.”

(Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah, 8/213)

Maka dari itu diperbolehkan bagi seorang wanita untuk melaksanakan shalat di masjid jika ia menutup auratnya secara syar’i, serta menghindarkan dirinya dari penggunaan perhiasan dan wewangian.

Semoga Bermanfaat..

🌐 Sumber : Rumaysho & MuslimAfiyah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel